ALTERNATIF PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA ONLINE

Main Article Content

Resty Yolanda
Sri Indah Rejeki
Lora Sari Salsabilah
Sukmawarti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alternatif pembembelajaran matematika menggunakan media online selama pandemi covid-19 pada mata pelajaran matematika. Populasi penelitian ini yakni guru SMA Negeri 1 Pegajahan & Pondok Pesantren Darul Hasanah yang mengajar program studi matematika. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif, Instrumen penggumpulan data menggunakan angket dan juga wawancara. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan peneliti, pendidik melakukan pembelajaran bersama diwaktu yang sama menggunakan grup di media sosial seperti WhatsApp (WA),aplikasi google classroom dan media lainnya sebagai media pembalajaran. Dengan demikian pendidik dapat memastikan peserta didik mengikuti pembelajaran dalam waktu bersamaan, meskipun di tempat yang berbeda.Tapi, kasus yang banyak terjadi  ketika sistem pembelajaran daring ini diantaranya, tidak meratanya siswa dan orang tua siswa yang pandai mengoperasikan media online, tidak semua orang tua siswa mampu membeli kuota internet, sinyal internet dirumah siswa tidak terjangkau, sebagian besar orang tua siswa tidak memiliki ponsel atau smartphone sebagai sarana belajar secara online untuk anak mereka, dan kurangnya motivasi belajar disebabkan tidak langsung tatap muka

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Danang Setyadi dan ABD. Qohar. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web. UNNES JOURNALS. http://ejournal.lldikti10.id/index.php/jit/article/view/422-757/93
Lailatul Mukarromah, F. S. (2020, juni 21). PENGEMBANGAN GAME EDUKASI “HOTSNAKER” BERBANTUAN VLOG SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI ERA NEW NORMAL. Konferensi Nasional Pendidikan I , pp. 40 - 44.
https://urbangreen.co.id/proceeding/index.php/library/article/view/8
Lubis, M. S. (2020). Penerapan Model Explicit Instruction pada Pembelajaran Lagu-Lagu Daerah di Kelas IV SDN 101886 Kiri Hilir. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 2(2), 71-80.
Majidah Khairani, D. F. (2016, juni 21). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM BENTUK. Konferensi Nasional Pendidikan I , pp. 40-44. http://rinaldoadi.blogspot.com/2014/12/tahapan-tahapan-penelitian-kualitatif.html?=1
Mustakim. (2020). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN MEDIA ONLINE. Al asma: Journal of Islamic Education . https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/5964/6683
Rinaldo Adi Pratama, M. S. (2014). TAHAPAN-TAHAPAN PENELITIAN KUALITATIF DAN KUANTITATIF.
Sartyka, B., Mujib, A., & Mawengkang, H. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik dan Kemandirian Belajar Peserta Didik. APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 35-46.
Silviani, R. A. (2014). TAHAPAN-TAHAPAN PENELITIAN KUALITATIF DAN KUANTITATIF. blogspot.com. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/alasma/article/view/13646/8447
Usman, A., Fauzi, A., Karnasih, I., & Mujib, A. (2020). Kemampuan Spasial Siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Alat Peraga Berbahan Pipet. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(2), 321-330.