KEMAMPUAN PENALARAN SOAL CERITA DAN KEDISIPLINAN SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19

Main Article Content

Marta Rohana Tampubolon
Putri Julianti
Abdul Mujib

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran selama pandemi Covid-19, 2) menganalisis penalaran siswa dalam menyelesaikan soal cerita, 3) mengkaji bagaimana sikap kedisiplinan siswa selama pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, angket, dan wawancara. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs Al-Washliyah Gedung Johor Medan dan MTsN 1 Deli serdang sebanyak 20 siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa proses pembelajaran yang dilakukan secara daring memiliki beberapa kendala diantaranya maslah jaringan internet, aplikasi, dan sarana prasarana pembelajran daring, beberapa siswa mamapu dalam menyelesaikan tes penalaran sola cerita, dan sikap kedisiplinan peserta didik selama pembelajaran daring di masa pandemic Covid-19 dalam kategori sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Arkham, H. P. (2014). SKRIPSI : PENALARAN ADAPTIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG DI SMP NEGERI 4 SURABAYA BERDASARKAN PERBEDAAN GENDER. SURABAYA: UIN SUNAN AMPEL.
Hakim, A. L. (2012). skripsi : PENINGKATAN KEDISIPLINAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) (PTK Pada Siswa Kelas X Semester Genap SMK Muhammadiyah Kartasura Tahun Ajaran 2011/2012. Surakarta: Universitas Negeri Surakarta.
Hanum, A., Mujib, A., & Firmansyah, F. (2020). LITERASI MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN ETNOMATEMATIKA GORDANG SAMBILAN. JIPMat, 5(2), 173-184.
Linola, D. M., Marsitin, R., & Wulandari, T. c. (2017). ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK DALAM MEYELESAIKAN SOAL CERITA DI SMAN 6 MALANG. Mathematics Education Journal, 27-33.
Mihendra, N., Andriyani, F., Mardiah, D. I., Priska, A. M., & Mujib, A. (2020). Paradigma Penelitian Pendidikan: Studi Kasus Mahasiswa Pendidikan Matematika di Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al-Washliyah Tahun 2015-2016. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN TERPADU (JPPT), 2(1), 46-54.
Sartyka, B., Mujib, A., & Mawengkang, H. (2021). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK. APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 35-46..
Yaniska, C. (2019). Skripsi : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK PEMBAHASAN SEGIEMPAT DAN SEGITIGA KELAS VII SMP BRUDERAN PURWOKERTO TAHUN AJARAN 2018/2019. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Yulietri, F., Mulyoto, & Agung, L. (2015). MODEL FLIPPED CLASSROOM DAN DISCOVERY LEARNING PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR . TEKNODIKA, 5-17.
Wandanu, R. H., Mujib, A., & Firmansyah, F. (2021). Hypothetical Learning Trajectory Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal MathEducation Nusantara, 3(2), 8-16.