Metode Perkalian Silang Versus Metode Perkalian Latis

Main Article Content

Irawati Irawati
Sri Karmila Dewi
Ainur Sakinah
Ika Listi Faizun Tanjung
Desi Wahyuni
Nur Ailan Siregar
Abdul Mujib

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap metode perkalian silang dengan metode perkalian latis serta perolehan waktu tercepat dari pengerjaan soal operasi perkalian siswa kelas V di MI Al Ittihadiyah Tanjung Morawa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan populasi siswa kelas V. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes diagnosis, tes treatment, tes evaluasi, dan wawancara. Adapun prosedur penelitian terdiri dari beberapa tahap, yaitu : tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes diagnostik, tes treatment, posttest dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang telah diberikan proses pengajaran antara metode perkalian silang dengan metode perkalian latis yaitu metode perkalian latis yang banyak disenangi siswa dan perolehan waktu tercepat yaitu 10 detik.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Sri Karmila Dewi, Madrasah Ibtidaiyah Al Ittihadiyah,

 

 

Ainur Sakinah, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

 

 

Ika Listi Faizun Tanjung, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

 

 

Desi Wahyuni, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

 

 

Nur Ailan Siregar, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

 

 

Abdul Mujib, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

 

 

References

Fatmala, F., Muzakki, A., & Lestari, P. (2018). Pengaruh Penerapan Lattice Multiplication Method Untuk Mengatasi Kesulitan Menyelesaikan Operasi Perkalian. Media Pendidikan Matematika, 68-77.
Hapriani. (2018). Pengaruh Penggunaan Metode Lattice Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV MI Miftahul Ishlah Tembelok-Sandubaya Tahun Pelajaran 2017/2018, Skripsi Pada FITK Universitas Islam Negeri Mataram. Mataram: Tidak diterbitkan
Hasanah, N. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Karakter. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu, 1(1), 24-30.
Kadar, S., & Ardianik. (2017). Perbedaan Hasil Belajar Operasi Perkalian Anatara Yang Menggunakan Mathmagic Dengan Metode Bersusun Pada Siswa Kelas IV MI KH ABU MANSUR Surabaya. Surabaya.
Mujib, A., & Suparingga, E. (2013). Upaya Mengatasi Kesulitan Siswa Dalam Operasi Perkalian Dengan Metode Latis. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, (hal. 1-6). Yogyakarta.
Mujib, A. (2015). Analysis of student difficulties in constructing mathematical proof on discrete mathematics course. In Proceeding of International Seminar on Mathematics, Science, and Computer Science Education (Vol. 1, pp. 49-55).