MENEMUKAN POLA PERKALIAN DENGAN ANGKA 9

Main Article Content

Cori Al-Husna
Abdul Mujib

Abstract

Tidak jarang siswa kelas VII mengalami kesulitan dalam menerima pelajaran perkalian. Walaupun sudah bisa, keterampilan berhitung atau strategi hitung mereka terbatas. Tujuan penelitian ini untuk menemukan pola perkalian dengan angka 9. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sampel penelitian ini adalah 10 siswa dari kelas VII di SMP Swasta Nur Hasanah Medan. Untuk mendapatkan data hasil penelitian maka digunakan instrumen berupa LKS, Wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data yang dilakukan diperoleh kesimpulan : 1) Siswa tidak mampu menemukan pola perkalian dengan angka 9; 2) Siswa kesulitan dalam merumuskan generalisasi dari keteraturan/pola perkalian.


 


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Abdul Mujib, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

 

 

References

Özsoy, G., & Ataman, A. (2017).The effect of metacognitive strategy training on mathematical problem solving achievement.International Electronic Journal of Elementary Education, 1(2), 67-82.
Iswanti, M., Suminah, S., & Sutansi, S. (2019). Peningkatan Hasil Mengidentifikasi Keragaman Sosial, Ekonomi, Budaya, Etnis, Dan Agama Di Provinsi Setempat Melalui Model Crossword Puzzle Kelas IV. Wahana Sekolah Dasar, 26(2), 56-61.
Rahmawati, F. (2013).Pengaruh Pendekatan Pendidikan Realistik Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar.Prosiding SEMIRATA 2013, 1(1), 225–238.
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (Fourth Edi). USA: Sage Publications Inc.
Creswell, J. W. (2009). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed.Terjemahan oleh Achmad Fawaid. (2010). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Astrianingsih, D. (2018). Profil Berpikir Aljabar Siswa Sekolah Dasar Berdasarkan Taksonomi Solo : Penelitian Studi Kasus. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia.
Hasanah, S. B. (2019) Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SD Negeri 101886 Kirihilir. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Terpadu. 1(2).
Mujib, A. (2019). Kesulitan Mahasiswa Dalam Pembuktian Matematis: Problem Matematika Diskrit. Jurnal MathEducation Nusantara, 2(1), 51-57.
Mujib, A., & Suparingga, E. (2013, November). Upaya Mengatasi Kesulitan Siswa dalam Operasi Perkalian dengan Metode Latis. In Makalah Dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.
Sumarni, C., & Sumarmo, U. (2016). Penalaran Matematik Dan Kemandirian Belajar Siswa. Edusentris, 3(3), 290–299.
Hardiarti, S. (2017). Etnomatematika : Aplikasi Bangun Datar. Aksioma. https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1707
Armianti, A., Yani, I., Widuri, K., & Sulistiawati, S. (2016). Pengaruh Matematika GASING (Gampang, ASyIk, dan menyenaNGkan) pada Materi Perkalian Bilangan Bulat Terhadap Hasil Belajar Peserta Matrikulasi STKIP Surya. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. https://doi.org/10.15294/kreano.v7i1.5012