Paradigma Penelitian Pendidikan: Studi Kasus Mahasiswa Pendidikan Matematika di Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al-Washliyah Tahun 2015-2016

Main Article Content

Nanda Mihendra
Fida Andriyani
Dita Iqlima Mardiah
Apriani Martha Priska
Abdul Mujib

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat paradigma penelitian, Metode, jenjang pendidikan yang diteliti di penelitian pendidikan matematika UMN AL-Washliyah tahun 2015/2016. Jenis penelitian ini yaitu penelitan kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi literatur. Data penelitian ini diambil dari data dokumen wisudawan dan skripsi mahasiswa dari perpustakaan. Subjek penelitian ini sebanyak 167 skripsi mahasiswa pendidikan matematika yang terdiri dari perempuan 130 dan laki-laki terdiri dari 37. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) paradigma penelitian masih di dominasi dengan paradigma kuantitatif dan kualitatif dengan perbandingan presentasi yang hampir sama besar yaitu kuantitatif 49% serta kualitatif 47% sisanya menggunakan paradigma pengembangan sebesar 4%. Jenjang pendidikan yang paling banyak di teliti mahasiswa yaitu jenjang pendidikan SMP diikuti SMA dan SD. Kemudian desain penelitian yang paling banyak digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas(PTK).


 


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Fida Andriyani, Sekolah Menengah Pertama Swasta Nur Hasanah

 

 

Dita Iqlima Mardiah, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

 

 

Apriani Martha Priska, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

 

 

Abdul Mujib, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

 

 

References

Eviria,R. (2012). Analisis hasil penelitian mahasiswa program studi pendidikan matematika di Universitas Muhammadiyah Surakarta tahun 2010/2011 (Doctoral disertatation, Universitas Muhammdiyah Surakarta)
Mujib, A., Darhim., Kartasasmita, B. G. (2016). Evaluate the process of creative thinking of students in constructing mathematical proof. International Journal of Education and Research. 4(11), 287-296.
Mujib, A. (2019). Kesulitan Mahasiswa Dalam Pembuktian Matematis: Problem Matematika Diskrit. Jurnal MathEducation Nusantara, 2(1), 51-57.
Siregar, R. N., Mujib, A., Siregar, H., & Karnasih, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 56-62.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alpabeta
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., Nyoto, A., & Malang, U. N. (2016). Transformasi Pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumberdaya manusia di era global. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Vol. 1, No.26, pp. 263-278)