ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENEMUKAN POLA ALTERNATIF DARI PERPANGKATAN DUA DIGIT DENGAN SATUAN SATU

Main Article Content

Annisa Safriani
Artika Pratiwi
Khairunnisyah Pulungan
Nikmah Sari
Reka Anjani
Silvi Puspita Dewi
Abdul Mujib

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menemukan pola alternative dari perpangkatan dua digit dengan satuan satu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Al-Hidayah Adolina Batang Terap Perbaungan yang berjumlah sebanyak 38 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes bentuk Lembar Kerja Peserta Didik sebanyak 3 lembar kerja. Pada hasil LKPD I dan II, siswa dinyatakan dapat menemukan pola alternatif dari perpangkatan dua digit dengan satuan satu. Pada LKPD III, siswa dapat menyelesaikan soal perpangkatan dengan menggunakan pola yang mereka temukan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menemukan pola alternatif dari perpangkatan dua digit dengan satuan satu sangat baik.


 


 


 


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Artika Pratiwi, Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah Adolina

 

 

Khairunnisyah Pulungan, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

 

 

Nikmah Sari, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

 

 

Reka Anjani, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

 

 

Silvi Puspita Dewi, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

 

 

Abdul Mujib, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

 

 

 

References

Mujib, A. (2018, April). Konflik Kognitif dalam Pembelajaran Kalkulus II. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN (Vol. 1, No. 1, pp. 87-96).
Mujib, A. (2019). Kesulitan Mahasiswa Dalam Pembuktian Matematis: Problem Matematika Diskrit. Jurnal MathEducation Nusantara, 2(1), 51-57.
Siregar, R. N., Mujib, A., Siregar, H., & Karnasih, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 56-62.
Sriaryaningsih. (2018). Analisis Pembelajaran Matematika pada Materi Perpangkatan dengan Model Pembelajaran Multiple Intelligences. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains), 1-18.
Sulistyowaty, R. K., Kusumah, Y. S., & Priatna, B. A. (2019). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Melalui Pembelajaran Collaborative Problem Solving. Jurnal Pendidikan Matematika, 153-162.