ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MAHASISWA MEMILIH JURUSAN TADRIS MATEMATIKA FTIK IAIN PADANGSIDIMPUAN

Main Article Content

Rama Nida Siregar

Abstract

Proses menentukan memilih jurusan merupakan satu hal yang sangat penting bagi mahasiswa saat ingin memasuki perkuliahan, salah satu proses yang dilalui mahasiswa sebelum masuk perkuliahan adalah menentukan jurusan yang akan ia pilih. IAIN Padangsidimpuan menyediakan jurusan Pendidikan Matematika untuk dijadikan pilihan bagi calon mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa memilih jurusan dan apa saja dampak bagi mahasiswa setelah memilih jurusan. Penelitian ini dilaksanakan pada Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan, jenis kualitatif deskriptif dengan teknik penetuan responden berdasarkan purposive (tujuan) dan analisis data menggunakan alur reduksi data, penyajian data, kesimpulan/verifikasi data. Hasil analisis ditemukan faktor yang mempengaruhi mahasiswa memilih jurusan yaitu faktor internal: minat, kemampuan, cita-cita menjadi guru matematika, asal jurusan IPA di SMA/MA dan eksternal: dukungan keluarga, dukungan guru, prospek masa depan, teman, citra perguruan tinggi. Juga dampak bagi mahasiswa setelah memilih jurusan yaitu positif dan negatif

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Alsa, A. (2004). Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif serta Kombinasinya dalam Penelitian Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Bungin, B. (2010). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hasanah, N. (2019). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS KARAKTER. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN TERPADU, 1(1), 24-30.
Hasratuddin. (2015). Mengapa harus belajar matematika. Medan: Perdana Publishing.
Moleong, L. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mujib, A. (2017). Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Menggunakan CRI pada Mata Kuliah Kalkulus II. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 181-192.
Mujib, A. (2018, April). Konflik Kognitif dalam Pembelajaran Kalkulus II. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN (Vol. 1, No. 1, pp. 87-96).
Mujib, A. (2019). Kesulitan Mahasiswa Dalam Pembuktian Matematis: Problem Matematika Diskrit. Jurnal MathEducation Nusantara, 2(1), 51-57.
Rangkuti, Ahmad Nizar. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Citapustaka Media.
Subagyo, J. (2004). Metode Penelitian dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Nurwakhidah. (2014). Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Jurusan Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatillah Jakarta (Jakarta: Skripsi).