PERANAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENGENDALIKAN EMOSI DAN ETIKA KOMUNIKASI SISWA SMP SWASTA SILINDA

Main Article Content

Enny FItriani

Abstract

Perubahan  perilaku  sangat  terasa  pada kalangan remaja, dimana pada masa remaja ini emosi mereka tidak stabil masih dalam masa pencarian jati diri. Hal inilah yang menyebabkan para remaja mudah sekali terpengaruh dalam segala hal, sehingga etika berkomunikasi merekapun sudah memudar. Penelitian ini untuk mengetahui peranan layanan bimbingan dalam mengendalikan emosi dan etika komunikasi siswa, penelitian ini dikategorikan ke dalam penelitian quasi eksperimen karena lebih efektif digunakan dengan data penelitian berupa angka – angka. Penelitian ini melibatkan dua jenis variabel. Variabel bebas adalah Bimbingan Kelompok, variabel terikatnya adalah Pengendalian Emosi dan Etika Komunikasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes angket pengendalian emosi dan dianalisis dengan mengunakan statistik deskriptif.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta
Ginajar, A. (2003). ESQ Power. Jakarta: Arga.
Suranto. (2011). Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu
Hartinah, S. (2009). Konsep Dasar Bimbingan Kelompok Bandung: Refika Aditama.
Lahmuddin. (2006). Konsep-konsep Dasar Bimbingan dan Konseling. Bandung: Citapustaka Media.
Mujib, A. (2018, April). Konflik Kognitif dalam Pembelajaran Kalkulus II. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN (Vol. 1, No. 1, pp. 87-96).
Mujib, A. (2017). Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Menggunakan CRI pada Mata Kuliah Kalkulus II. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 181-192.
Prayitno, A. E. (2008). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Prayitno. (2012). Seri Panduan Layanan dan kegiatan Pendukung Konseling. Padang: Universitas Negeri Padang.
Santoso AS. (2008). Modul 10 Kepribadian dan Emosi. Universitas Mercu Buana