PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 7E TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN KONSEP DASAR IPA SD

Main Article Content

Riri Marfilinda

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh dari penerapan Model Learning Cycle 7E terhadap Hasil belajar Konsep Dasar IPA SD 2  dan untuk mengetahui pengaruh penerapan Model Learning Cycle 7E terhadap keterampilan berpikir Kritis mahasiswa Program studi PGSD STKIP Adzkia. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi eksperiment research) dengan rancangan Randomized pretest-postest Control Group Design. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari Model Learning Cycle 7E sebagai variabel bebas, sedangkan hasil belajar Konsep Dasar IPA dan Keterampilan Berpikir Kritis sebagai variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa PGSD semester 2 STKIP ADZKIA Padang tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 180 orang. Sampel diambil secara acak sehingga terpilih satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol.  Kelas eksperimen menggunakan model Learning Cycle 7 E sedangkan kelas control menggunakan model konvensional. Teknik pengumpulan data berupa tes hasil belajar (kognitif) dan tes keterampilan berpikir kritis menggunakan seri tes dari Cornell Critical Thinking Test. Teknik analisis data menggunakan uji MANOVA pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan analisis dari uji Manova yang dilakukan, disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar mahasiswa yang menggunakan pembelajaran dengan model learning Cycle 7E dengan pembelajaran konvensional. Pembelajaran dengan Model Learning Cycle 7E memberikan pengaruh sebesar 72% (sedang) terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa pada Mata kuliah Konsep Dasar IPA SD 2. Sedangkan terhadap Keterampilan Berpikir Kritis, model ini tidak membawa pengaruh yang signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Anderson, Lorin W dkk. (2001). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Assesmen: Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Terjemahan oleh Agung Prihantoro. 2010. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Balta, Nuri & Sarac, H. (2016). The Effect of 7E Learning Cycle on Learning in Science Teaching: A Meta-Analysis Study. European Journal of Educational Research, 5(2), 61.
Eisenkraft, Arthur. (2003). Expanding the 5E Model:A Proposed 7E Model emphasize “transfer of learning” and the Importance of eliciting prior Understanding. National Science Teacher Association (NSTA). The Science Teacher, Vol.70, No.6 p.56.

Ennis, R. H. (1991). Critical Thinking: A Streamlined Conception. Teaching Philosophy Journal, 14(1) 5-24.

Lestari, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Ar-Rahman Misriadi Desa Stabat Lama Langkat. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Terpadu, 1(1), 13-23.

Marfilinda, Riri. (2019). Development and Application of Learning Cycle Model on science Teaching and Learning. Prosiding IOP science.
Marfilinda, Riri. (2019). Pengaruh Model Learning Cycle 7E dan Pengetahuan Awal terhadap keterampilan berpikir kritis Siswa pada Pembelajaran IPA SD di Kelas V. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol.6 (2) 84-97.

Meldania, Ni.Pt, dkk. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Bermuatan Tri HIta Karana terhadap Hasil Belajar IPA Siswa kelas V. Journal of Primary Education. 4 (1).

Ngalimun. (2014). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo
Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek, Jakarta: Tim Prestasi Pustaka
Widodo, Ari.dkk. (2007). Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press

Wise, K. 2006. Can You Hear Them Now? Investigating Radio Waves Science Activities. 43(3). 23-30