UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL

Main Article Content

Mernawati

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah metode pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VII SMP Negeri 1 Lawe Alas. Dan tujuan  dari penelitian ini adalah melalui pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VII SMP Negeri 1 Lawe Alas. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing siklus dilaksanakan tiga kali pertemuan 6x40 menit. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu, perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dapat ditingkatkan melalui kontekstual (Contextual Teaching and Learning) di kelas VII SMP Negeri 1 Lawe Alas yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II dan siklus III. Pada siklus I persentase ketuntasan belajar mencapai 40% dengan rata-rata kelas 56,5,  sedangkan siklus II persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 63,33% dengan rata-rata kelas 68,5, dan Pada siklus III persentase ketuntasan belajar mencapai 83,33 % dengan rata-rata kelas 82,5. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VII SMP Negeri 1 Lawe Alas. Selain itu, perlu adanya penelitian dan kajian lebih banyak tentang pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning) sehingga dapat bermamfaat untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Adea, W. H. Z. (2018). Inovasi Pembelajaran Kontekstual. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Arikunto, S. (2006). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidika. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Jakarta: Renika Cipta.
Kontekstual, P. (2019). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis dan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).
Mujib, A. (2019). Kesulitan Mahasiswa Dalam Pembuktian Matematis: Problem Matematika Diskrit. Jurnal MathEducation Nusantara, 2(1), 51-57.
Mujib, A. (2017). Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Menggunakan CRI pada Mata Kuliah Kalkulus II. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 181-192.
Mujib, A., & Suparingga, E. (2013, November). Upaya Mengatasi Kesulitan Siswa dalam Operasi Perkalian dengan Metode Latis. In Makalah Dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.
Mulyono, A. (2003). Psikologi Belajar. Jakarta: Grasindo Persada.
Nurhadi, (2004). Pendekatan Kontekstual. Jakarta: Depdiknas.