PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL ATI (APTITUDE TREATMENT INTERACTION) PADA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR

Main Article Content

Delnitawati

Abstract

Penelitian   ini   termasuk  penelitian   deskriptif, yang  bertujuan    untuk   mengetahui    keberhasilan    penerapan    pembelajaran model    ATI, berdasarkan    nilai    ketuntasan   belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di  MTs.  Lab. IKIP  Al Washliyah  Medan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIA  sejumlah   40  orang, dan Objek penelitian adalah  siswa   yang  diterapkan   khusus  pembelajaran    model  ATl pada pokok bahasan  bangun  datar. Instrumen  penelitian   ini menggunakan   tes tertulis,  lembar   observasi   dan  wawancara langsung.    Hasil    penelitian  menunjukkan bahwa persentase    ketuntasan    belajar    siswa   secara   klasikal tercapai,  sebanyak   34  siswa   (85%)   sudah  mencapai   nilai   tuntas.   Hal   ini    membuktikan     bahwa pembelajaran   model  ATI  ini  dapat  diterapkan  dan digunakan  sebagai  alternatif  model pembelajaran    baru untuk  menunjang  keberhasilan   pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Abdurrahman, Mulyono (1999). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Adrian. (2004). Metode Mengajar Berdasarkan Tipologi Balajar Siswa. [online] URL : Artikel Pendidikan Network: http//www.artikel.us/
Arikunto. Suharsimi (2000), Manajenen Penelitian, Yogyakarta : Rineka Cipta, Asyono. ( 1994) . Matematiaka Untuk SLTP kelas 1B. Jakarta: Bumi Aksara
Mujib, A. (2019). Kesulitan Mahasiswa Dalam Pembuktian Matematis: Problem Matematika Diskrit. Jurnal MathEducation Nusantara, 2(1), 51-57.
Mujib, A. (2018, April). Konflik Kognitif dalam Pembelajaran Kalkulus II. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN (Vol. 1, No. 1, pp. 87-96).
Mujib, A. (2017). Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Menggunakan CRI pada Mata Kuliah Kalkulus II. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 181-192.
Nurdin. Syafruddin (2005), Model Pembelajaran yang Memperhatikan Keragaman Individu Siswa dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi. Ciputat : Quantum Teaching.
Sardiman (2003), lnteraksi dan motivasi belajar mengajar, Jakarta GrafindPersada.
Subando, Joko (2005), Perkembangan pembelajaran matematik. Artikel pendidikan
Sudjana ( 1984), Metode Statistika, Bandung : Tarsito
Tengku Zahara. Djaafar. (2001), Konstribusi Starategi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar. Jakarta: Depdiknas
Usman, Uzer dan Setiawati. Lilis (1993), Upaya optimalisasi belajar mengajar,Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Winkel, WS. (I 999). Psikologipengajaran. Jakarta. Grarnedia
Winkel, WS. (2004). Psikologi pengajaran. Yogyakarta. Media Abadi