IMPLEMENTASI KETERAMPILAN LITERASI INFORMASI IPS BAGI MAHASISWA PGSD UMN AL-WASHLIYAH MELALUI METODE KARYA WISATA

Main Article Content

Nurmairina

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui kemampuan keterampilan literasi informasi IPS bagi mahasiswa PGSD UMN Al -Washliyah melalui metode karya wisata, 2)Mengetahui hasil belajar IPS bagi mahasiswa PGSD UMN Al -Washliyah melalui metode karya wisata  Untuk mencapai tujuan tersebut, maka jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif . Subjek dalam penelitian deskripsi ini adalah seluruh mahasiswa semester II PGSD UMN Al –Washliyah yang berjemlah 35 mahasiswa . Sedangkan objek penelitian ini adalah implementasi keterampilan literasi informasi IPS melalui metode karya wisata. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakandeskriptif dan kualitatif deskriftif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh total diperoleh nilai rata-rata mahasiswa sebelum melakukan karya wisata  63,33%. Dan  pada tes yang dilakukan setelah melalkukan karyawisata diperoleh nilai rata-rata tingkat pengetahuan informasi mahasiswa sebesar 90%,.dengan demikian, dapat dikatakan intervensi berhasil dilaksanakan karena telah terjadi perubahan kearah perbaikan, yaitu sekitar 80% dari jumlah mahasiswa mendapat kriteria baik. Sehingga dapatlah disimpulkan bahwa dengan metose karya wisata dapat mengembangkan keterampilan literasi informasi IPS, dan meningkatkan hasil belajar IPS mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Achmad. (2007). Literasi Informasi: Keterampilan Penting di Era Global. Makalah disampaikan pada Seminar Perpustakaan Sekolah: Literasi Informasi dan Aplikasi Library Software, Surabaya. 5 Maret 2010.
Arikunto, S., dkk. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara
Djamarah, Bahri, S., Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Forster, M. (2015). Refining the definition of information literacy: the experience of contextual knowledge creation. Journal of Information Literacy, 9.
Hadi, S., Radiyatul. (2014). Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya Untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 2, Nomor 1.
Hasugian, J. (2008). Urgensi literasi informasi dalam kurikulum berbasis kompetesi di Perguruan Tinggi. Pustaha: Jurnal studi perpustakaan dan infomasi.
Heriyanto. (2008). Wacana dan Aplikasi Perpustakaan pada Literasi Informasi. Bulletin perpustakaan Pusat UKM. Bandung: Universitas Kresten Maranatha.
Mujib, A. (2015). “Analysis of student difficulties in constructing mathematical proof on discrete mathematics course” ProceedingsInternational Seminar on Mathematics, Science, and Computer Science Education. UPI Bandung. 17 Oktober 2015.
Mujib, A. (2018, April). Konflik Kognitif dalam Pembelajaran Kalkulus II. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN (Vol. 1, No. 1, pp. 87-96).
Mujib, A., & Suparingga, E. (2013, November). Upaya Mengatasi Kesulitan Siswa dalam Operasi Perkalian dengan Metode Latis. In Makalah Dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.
Neely, Teresa, Y. (2006). Information Literacy Assessment: Standards-Based Toolsand Assignments. Chicago: American Library Association.
Roestiyah. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Asdi Mahasatya
Smith, M., (2010). Penerjemah Abdul Qodir Shaleh, Teori Pembelajaran dan Pengajaran. Jogjakarta: Penerbit Mirza Media Pusaka
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syaiful. (2000). Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Syaiful. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
Uno, H., Kuadrat, M. (2010). Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.