ANALISIS PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR BERBASIS LINGKUNGAN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS III SD NEGERI 064955 MEDAN

Main Article Content

maulida maulida
Sutarni

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sumber belajar berbasis lingkungan (setting) yang di manfaatkan dan untuk mendeskripsikan proses pemanfaatan sumber belajar berbasis lingkungan oleh guru pada pembelajaran tematik siswa di SD Negeri 064955 Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 064955 Medan. Subjek penelitian ini  adalah siswa kelas III, Guru dan kepala SD Negeri 064955 Medan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menguji validitas data, penelitian ini menggunakan triangulasi 3 sumber, triangulasi teknis dan triangulasi waktu. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan data analisis kualitatif (huberman dan miles), yaitu pengumpulan data, penyajian data , reduksi data , dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan sumber belajar berbasis lingkungan pada pembelajaran tematik sudah dilaksanakan oleh guru kelas III SD Negeri 064955 Medan. Sumber belajar berbasis lingkungan berbentuk pemanfaatan kelas, perpustakaan dan halaman sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Domo, S. M., & Mujib, A. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Mts Pada Materi Persamaan Linier Satu Variabel Melalui Pembelajaran Active Learning. Jurnal PERISAI: Jurnal Pendidikan dan Riset Ilmu Sains, 1(1), 23-38.
Heribertus, dkk, Pendidikan Religiositas: Gagasan, Isi, dan Pelaksanaannya (Yogyakarta: Kanisius, 2009).
Hidayat dan S. Khayroiyah. 2018. Pengembangan Desain Didaktis Pada Pembelajaran Geometri. Jurnal MathEducation Nusantara Vol. 1 (1), 2018, 15-19. https://jurnalpascaumnaw.ac.id/index.php/JMN/article/view/2/2
Hidayat, Sukmawarti, Suwanto. 2021. The application of augmented reality in elementary school education. Research, Society and Development, v. 10, n. 3, e14910312823. https://doi.org/10.33448/rsd-v10i3.12823
Minja, H. S., & Mujib, A. Analisis Self Efficacy Matematis Siswa Ditinjau Berdasarkan Gender di SMP Negeri 3 Kutalimbaru Satu Atap. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 55-59.
Nurhayati, Wiwik,dkk. 2019. “Penerapan Pembelajaran Tematik Kelas Rendah di MI Miftahul Ulum Gendol Sukorejo Pasuruan.” Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. http://riset.unisma.ac.id/index.php/JPMI/article/view/16629
Putri, W. S. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Tema Makan Sehat Dengan Metode Quiz Team Di Sekolah SDN 066667 Medan Denai. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 4(2), 260-272.
Rangkuti, C. J. S., & Sukmawarti. 2022. Problematika Pemberian tugas Matematika Dalam Pembelajaran Daring. IRJE Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 565-572.
Sofyan, A. (2023). Analisis Rendahnya Tingkat Kehadiran Siswa Selama PTMT pada Siswa di Kelas V UPT. SDN 064037 Kecamatan Medan Tembung. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 2(2), 273-283.
Sukmawarti, Hidayat (2020). Cultural-Based Alternative Assessment Development in Elementary School Mathematics. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 536. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210312.046
Sukmawarti, Hidayat, & Suwanto. (2021). Desain Lembar Aktivitas Siswa Berbasis Problem Posing Pada Pembelajaran Metematika SD. Jurnal Matheducation Nusantara, 4(1), 10–18.
Uno dan Nurdin Mohammad. 2013. “ Belajar Pendekatan Pembelajaran”. Jakarta: Bumi Aksara.
Warsita, Bambang. (2008) Teknologi Pembelajaran: Landasan &Aplikasinya, Jakarta: Rineka.
Wahyuni, G., Mujib, A., & Zahari, C. L. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Visual Siswa Ditinjau Dari Adversity Quotient. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(2).
Yusuf, R. (2020). Analisis Kualitas Butir Soal Ujian Nasional Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama. Journal of Didactic Mathematics, 1(3), 158-164.