PENGEMBANGAN MEDIA DAKOTA PADA MATERI KPK DI KELAS IV SD

Main Article Content

Mita Rosalina

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media Dakota pada materi  KPK yang layak digunakan pada proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan prosedur pengembangan 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Pada penelitian ini, peneliti melaksanakan prosedur pengembangan 4D hanya sampai pada tahap 3, yaitu define, karena fokus dari penelitian ini hanya untuk mengembangkan media Dakota pada materi  KPK yang layak untuk digunakan pada proses pembelajaran. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket atau kuesioner yang diberikan kepada validator, yaitu validator ahli media, validator ahli materi dan validator ahli pembelajaran. Berdasarkan hasil validasi dari validator ahli media didapatkan skor sebesar 72 dan memberikan catatan revisi. Setelah media puzzle konsep pecahan direvisi, validator ahli media memberikan skor penilaian sebesar 88. Dari hasil validasi ahli materi didapatkan nilai sebesar 82 tanpa adanya revisi, dan dari hasil validasi ahli pembelajaran didapatkan nilai sebesar 93,8 tanpa adanya revisi. Rata-rata nilai yang didapatkan dari keseluruhan penilaian ketiga validator ahli, yaitu 87,9. Merunut kriteria skor penilaian, maka dapat dikatakan bahwa media Dakota pada materi  KPK yang dikembangkan Sangat Valid/Sangat Layak untuk digunakan pada proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Ahmad Susanto. 2015. Teori Belajar Dan Pembelajaran Disekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media.
Astriani, L., & Mujib, A. (2022). Didactic Design for Overcoming Learning Obstacles in Mathematics of Junior High School Students. International Journal of Educational Research Excellence (IJERE), 1(1), 58-62.
Hakim, A. R., & Windayana, H. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru. https://doi.org/10.17509/eh.v4i2.2827
Hidayat dan S. Khayroiyah. 2018. Pengembangan Desain Didaktis Pada Pembelajaran Geometri. Jurnal MathEducation Nusantara Vol. 1 (1), 2018, 15-19.
Hidayat, Sukmawarti, Suwanto. 2021. The application of augmented reality in elementary school education. Research, Society and Development, v. 10, n. 3, e14910312823.
Nisa, R. (2022). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Inshot Dengan Menggunakan Model PBL Pada Pembelajaran Tematik Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(3), 248-257.
Rangkuti, C. J. S., & Sukmawarti. 2022. Problematika Pemberian tugas Matematika Dalam Pembelajaran Daring. IRJE Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 565-572.
Siregar, R. N., Suryadi, D., Prabawanto, S., & Mujib, A. (2022). Improving Students’ Self-Esteem in Learning Mathematics through a Realistic Mathematic Education. Jurnal Pendidikan MIPA, 23(3), 1262-1277.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Sukmawarti, & Alvariani, N. P. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Bebasis Permainan Tradisional Jawa Untuk Pemahaman Konsep Bangun Datar. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA 6(2), 43-51. DOI: https://doi.org/10.32696/jp2mipa.v6i2.1133
Sukmawarti, Hidayat (2020). Cultural-Based Alternative Assessment Development in Elementary School Mathematics. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 536.
Sukmawarti, Hidayat, & Suwanto. (2021). Desain Lembar Aktivitas Siswa Berbasis Problem Posing Pada Pembelajaran Metematika SD. Jurnal Matheducation Nusantara, 4(1), 10–18.
Sukmawarti, & dkk. (2022). Implementasi Model Problem Based Leraning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 886-894.
Yulanda, D. F. (2022). Pengembangan Media Puzzle Bergambar Berorientasi Problem Based Learning Pada Tema Cita-Citaku Kelas IV SD. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(3), 221-232.
Wahyuni, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Canva Pada Pembelajaran Tematik Tema Kayanya Negeriku Kelas IV SD. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(4), 333-349.