Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Articulate Storyline 3 Berorientasi PAIKEM Pada Tema Kayanya Negeriku Kelas IV SD

  • Diana Fransiska Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Umar Darwis Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
Keywords: Media articulate storyline 3, media pembelajaran, berorientasi PAIKEM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang berupa media pembelajaran aplikasi articulate storyline 3 dalam pembelajaran tematik materi kayanya negeriku. Jenis Penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4D yang memiliki 4 tahapan yaitu analysis (analisis), design (perancangan), development (Pengembangan) dan dissiminate (penyebaran). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui angket untuk mengetahui kelayakan dari pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi articulate storyline 3 pada pembelajaran tematik. Penelitian ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis aplikasi articulate storyline 3 pada pembelajaran tematik. Berdasarkan hasil validasi ahli media, ahli materi dan ahli pembelajaran bahwa media pembelajaran berbasis aplikasi articulate storyline 3 layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas IV SD.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, Azhar. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Devimasnila, A. A. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas III SD . Jurnal Pendidikan Tambusai, 602-603.
Frisnoiry. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Untuk Membelajarkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematika Melalui Pendekatan Matematika Realistik di SMP Negeri 7 Binjai. Medan: Program Pascasarjana UNIMED.
G M A Siregar, Hidayat, Sukmawarti, & M D Siagian (2020). Evaluation of online learning for Mathematics education students. Conference Series.
Hanum, A., Mujib, A., & Firmansyah, F. (2020). Literasi Matematis Siswa Menggunakan Etnomatematika Gordang Sambilan. JIPMat, 5(2), 173-184.
Harahap, M., Mujib, A., & Nasution, A. S. (2022). Pengembangan Media Uno Math untuk Mengukur Pemahaman Konsep Luas Bangun Datar. AFoSJ-LAS (All Fields of Science Journal Liaison Academia and Society), 2(1), 209-217.
Harahap, S. R. A. K., & Nasution, A. S. (2021). Pengembangan Media Berbasis Power Point Untuk Penyajian Bagian-Bagian Tumbuhan Melalui CTL Di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(2), 128-137.
Hasanah, N. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Karakter. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 1(1), 24-30.
Hidayat, Sukmawarti, & Suwanto, S. (2021). The application of augmented reality in elementary school education. Research, Society and Development, 10(3), e14910312823. Hal : 1-2
Hidayat, & Khayroiyah, S. (2018). Pengembangan Desain Didaktis Pada Pembelajaran Geometri. Jurnal MathEducation Nusantara, I (1), Hal : 15-19).
Jalinus, N., & Ambiyar. (2016). Media dan Sumber Belajar. Jakarta : Kencana, 12–14
Mujib, A., & Firmansyah. (2022, July). Improvement habits of minds in constructing mathematical proof using DNR-model. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2577, No. 1, p. 020038). AIP Publishing LLC.
Rangkuti, D., Lubis, S. I., Salayan, M., Sari, D. E., & Mujib, A. (2022). Development of Learning Tools Assisted by Manipulative Teaching Aids Through Problem-Based Learning. Development, 5(2).
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : ALFABETA.
Sukmawarti & Hidayat (2020), Cultural-Based Alternative Assement Development in elementary School Mathematics. Prosseding of the First International Conference on Science, Technology, Engineering and Industrial Revolution (ICSTEIR 2020)
Sukmawarti, Hidayat, Lili Amelia Putri, (2022). Workshop Worksheet Berbasis Budaya bagi Guru MI Jami’atul Qamar Tanjung Morawa. Pakmas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 202-207.
Thiagarajan, Sivasailam, dkk. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Washinton DC: National Center for Improvement Educational System.
Published
2022-06-30