Pengaruh Model Brainstorming Berbantu Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Tematik Tema Globalisasi Di Kelas VI SDN No 105361 Lubuk Cemara

  • Aulia Fitri Khairina Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Sujarwo Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
Keywords: Brainstorming, Hasil Belajar, Tematik.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui pengaruh Model Brainstorming Berbantu Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Tematik Tema Globalisasi di Kelas VI SDN No.105361 Lubuk Cemara dan seberapa signifikan pengaruh Model Brainstorming Berbantu Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Tematik Tema Globalisasi di Kelas VI SDN No.105361 Lubuk Cemara. Metode penelitian yang digunakan ialah metode eksperimen dengan jenis Quasy Eksperimental dan dengan desain Two-group Pretest-Postest Desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SDN No.105361 Lubuk Cemara yang berjumlah 60 orang, dengan kelas VI A sebagai kelas eksperimen dan kelas VI B sebagai kelas kontrol. Untuk memperoleh data yang diperlukan, maka dalam penelitian ini peneliti menggunakan intrumen berupa tes.  Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji-t. setelah dilakukan uji-t diperoleh harga thitung > ttabel (2,864154 > 1.994437), maka Ha diterima dan H0 ditolak. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Antara Model Brainstorming dengan hasil belajar tematik Tema Globalisasi di kelas VI SDN No.105361 Lubuk Cemara

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amri, Sofan. (2016). Pengembangan & Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya
Frizka, N., Sihombing, N., & Rangkuti, D. (2022). Pengaruh Metode Bercerita terhadap Keterampilan Berbicara Anak Di PAUD Bina Produktivitas Kecamatan Portibi Kabupaten Padang Lawas Utara Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 4(1), 49-59.
Hidayat dkk. (2021). Desain Lembar Aktivitas Siswa Berbasis Problem Posing Pada Pembelajaran Metematika SD. Jurnal Matheducation Nusantara, 4(1), 10–18.
Hidayat & Khayroiyah, S. (2018). Pengembangan Desain Didaktis Pada Pembelajaran Geometri. Jurnal Matheducation Nusantara, 1(1), 15–19.
Husnul Nisak Ruwah, Dkk. (2020). Statitik Deskriptif. Banten: Unpam Press
Irawan, A., & Napitupulu, S. (2022). Pengaruh Video Canva Terhadap Hasil Belajar Siswa Dengan Pendekatan Konstruktivisme SD Swasta Islam Terpadu Nurul Ikhwan Kecamatan Pantai Cermin. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(2), 180-188.
Istarani & Intan Pulungan. (2020). Ensiklopedi Pendidkan. Medan: Larispa
Mujib, A., & Firmansyah. (2022, July). Improvement habits of minds in constructing mathematical proof using DNR-model. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2577, No. 1, p. 020038). AIP Publishing LLC.
Mulyono, Abdurrahman. (2018). Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Nasution, M. F., & Darwis, U. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Menggunakan Articulate Storyline 3 Pada Siswa Kelas IV Di SD Negeri 068074 Medan Denai. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(01), 45-54.
Nurmairina. 2019. Pembelajaran Terpadu dan Tematik. Medan: UMN Al-Washliyah
Pratiwi, Cindy. (2021) Pengaruh Model Make A Macth Berbantu Kartu Bergambar Terhadap Hasil Belajar Ips Tema Kayanya Negeriku Kelas IV SDN No. 105361 Lubuk Cemara. Skripsi. Medan: Universitas Muslim Nusantara Al-Wahsliyah Medan
Rif’at. (2017). Instrumen Penelitian yang Valid dan Reliabel. Jurnal Edukasi Sebelas April. Vol. 1 No.1
Rizki, Nanda. (2019). Penerapan Metode Pembelajaran Brainstorming dengan Media Miniatur untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Kelas V Min 5 Aceh Besar. Skripsi. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh
Rohmanurmeta, Fauzatul Ma’rufah, Dkk. (2016) Pengaruh Metode Brainstorming Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Integratif. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 4 No.2, Juli 2016
Rusman. (2018). Model-model Pembelajaran. Depok: Raja Grafindo Persada
Rusmono. (2017) Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu: Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Bogor: Penerbit Galia Indonesia
Sari, D. U., Mujib, A., & Rosita, T. (2022). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Dan Motivasi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Kecamatan Sekupang Batam. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 6(2), 329-340.
Siska, A., Mujib, A., & Putri, D. A. P. (2022). Pengaruh Motivasi Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Sekolah Batam (Studi Pada Sdn 005 Sekupang Batam). Jurnal Dedikasi Pendidikan, 6(1), 93-106.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukmawarti, & Hidayat. (2021). Cultural-Based Alternative Assessment Development In Elementary School Mathematics. Proceedings Of The First International Conference On Science, Technology, Engineering And Industrial Revolution (ICSTEIR 2020), 536(Icsteir 2020), 288–292.
Susanto, Ahmad, (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Prenada Media Group
Published
2022-06-30