Penerapan Model Investigasi Kelompok Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku Kelas IV SD

  • Lam'ah Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Dara Fitrah Dewi Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model investigasi kelompok pada pembelajaran tematik terpadu Tema 7 pada kelas IV SD 130012 Tanjung Balai, Sipori-pori Pulau Buaya. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, dengan pendekatan kualitatif. Pada hasil tes dari siklus I ke siklus II  Peneliti menggunakan model investigasi kelompok mengalami peningkatan sebesar 8%  dari 68% menjadi 76%. Pada hasil tes siklus II kesiklus III Terjadi peningkatan hasil belajar 10% dari 78% menjadi 88%. Dari hasil peneliti yang telah peneliti lakukan terlihat bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Perolehan data dari siklus mengalami peningkatan. Adapun intrumen pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu tes, wawancara dan dokumentasi. Dari kesempulan penelitian ini adalah dengan menggunakan model investigasi kelompok pada tema 7 Indahnya Keragaman di Negeri ku dikelas IV SD 130012 Tanjung Balai, Sipori-pori Pulau Buaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Maka sangat dianjurkan untuk guru dapat menerapkan model tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

nnisa. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kelompok (Group Investigation) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Di Smk. Negeri 1 Polewali Kab. Polewali MANDAR. Computers And Industrial Engineering, 2(January), 6.
ANNISA, N. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (Gi) Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas X Sman 2 Camba Kabupaten Maros.
Azisah, N. (2021). Penerapan Model Group Investigation (Gi) Dengan Pendekatan Paikem Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Biologi (Siswa Kelas X Mia 4 Man 2 Jember Pokok Bahasan Ekologi Tahun Ajaran 2015/2016). Digital Repository Universitas Jember, September 2019, 2019–2022.
Defitri, A. W. (2020). Penerapan Metode Investigasi Kelompok Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas Iv Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar 116/Iv Kota Baru. 3(2017), 54–67. Http://Repositorio.Unan.Edu.Ni/2986/1/5624.Pdf
Dewi, J. Y. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Penjumlahan Pecahan Biasa Di Kelas Iv Sd Negeri 101771 Tembungtle.
Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis (A. Syaddad (Ed.)). CV.Kaaffah Learning Center.
Hamzah, F., Mujib, A., & Firmansyah, F. (2022). Efektivitas Pembelajaran Blended Learning Menggunakan Schoology Pada Pelajaran Matematika. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(1), 95-104.
Hanum, A., Mujib, A., & Firmansyah, F. (2020). Literasi Matematis Siswa Menggunakan Etnomatematika Gordang Sambilan. JIPMat, 5(2), 173-184.
Hidayat, & Khayroiyah, S. (2018). Pengembangan Desain Didaktis Pada Pembelajaran Geometri. Jurnal Matheducation Nusantara, 1(1), 15–19.
Khayroiyah, S., & Napitupulu, S. (2021). Penerapan Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Kuliah Matematika SD. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(01), 77-85.
Lestari, E., & Cahyono, Hendarto, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Pada Materi Lingkaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Matematika, 5, 124–139. Https://Doi.Org/10.29407/Jmen.V5i2.12814
Lubis, A., & Sukmawarti. (2022). Pengembangan Lkpd Berbasis Discovery Learning Dan Kalor Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Mipa, 6(2).
Lubis, M. S. (2020). Penerapan Model Explicit Instruction pada Pembelajaran Lagu-Lagu Daerah di Kelas IV SDN 101886 Kiri Hilir. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 2(2), 71-80.
Siregar, G. M. A., Hidayat, Sukmawarti, & Siagian, M. D. (2020). Evaluation Of Online Learning For Mathematics Education Students. Journal Of Physics: Conference Series, 10, 1742–6596. Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/1882/1/012064
Sukmawarti, & Hidayat. (2021). Cultural-Based Alternative Assessment Development In Elementary School Mathematics. Proceedings Of The First International Conference On Science, Technology, Engineering And Industrial Revolution (ICSTEIR 2020), 536(Icsteir 2020), 288–292.
Sukmawarti, Hidayat, & Lili Amelia Putri. (2022). Workshop Worksheet Berbasis Budaya Bagi Guru MI Jami’atul Qamar Tanjung Morawa. Pakmas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 202–207. Https://Doi.Org/10.54259/Pakmas.V2i1.848
Sukmawarti, Hidayat, & Suwanto. (2021). Desain Lembar Aktivitas Siswa Berbasis Problem Posing Pada Pembelajaran Metematika SD. Jurnal Matheducation Nusantara, 4(1), 10–18.
Taufik, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Investigasi Kelompok (Cooperative Learning) Melalui Daring Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Mata Pelajaran Pkn Di Smk Muhammadiyah 04 Medan Tahun Ajaran 2020/2021 Skripsi.
Yolanda, R., Rejeki, S. I., & Salsabilah, L.S., Sukmawarti. (2021). Alternatif Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Online. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(1), 73-82.
Published
2022-06-30