Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Berbeasis Humanisme Pada Tema Makna Nilai-Nilai Pancasila Di Kelas IV SD

  • Elvira Suci Tanjung Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Beta Rapita Silalahi Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
Keywords: Pembelajaran PowertPoint Interaktif Berbasis Humanisme

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah Guru sudah mahir dalam mengembangkan media, hanya saja  memakan waktu dalam menciptakan media pembelajaran, sehingga jarang menggunakan media pembelajaran pada saat proses belajar mengajar, Media yang digunakan masih berupa pembentukan kelompok kecil dan beberapa mading dan sudah pernah menggunakan media berbasis teknologi tetapi belum pernah berupa media PowerPoint Interaktif. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengembangkan Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif  Berbasis Humanisme Pada Tema Makna Nilai-Nilai Pancasila Kelas IV SD.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu tahap Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Subjek pada penelitian ini adalah validator ahli media, ahli materi, guru kelas IV sebagai praktisi pendidikan dan siswa kelas IV SD. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran PowertPoint Interaktif Berbasis Humanisme Pada Tema Makna Nilai-Nilai Pancasila di Kelas IV SD “Sangat Layak” dengan rincian persentase kelayakan yang diberikan oleh ahli media sebesar 78% dengan kategori “Sangat Layak”, ahli materi sebesar 88% dengan kategori “Sangat Layak”, praktisi pendidikan sebesar 88% dengan kategori “Sangat Layak”, uji coba perorangan sebesar 79% dan uji coba kelompok kecil sebesar 91% dengan kategori “Sangat Layak”. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran PowertPoint Interaktif Berbasis Humanisme Pada Tema Makna Nilai-Nilai Pancasila di Kelas IV SD Al-Hidayah Patumbak. layak digunakan oleh siswa saat proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gerlach, V.G. & Ely, D.P. (1971). Teaching and Media A Systematic Approach. Englewood Cliffs: Pentice Hall Inc.
Harahap, M., Mujib, A., & Nasution, A. S. (2022). Pengembangan Media Uno Math untuk Mengukur Pemahaman Konsep Luas Bangun Datar. AFoSJ-LAS (All Fields of Science Journal Liaison Academia and Society), 2(1), 209-217.
Hidayat dan Siti Khayroiyah. (2018). Pengembangan Desain Didaktis Pada Pembelajaran Geometri. Jurnal MathEducation, 01(1), 16.
Marini, K., & Silalahi, B. R. (2022). Pengembangan Media Monopoli Tematik Pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsa Di SD. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(2), 159-167.
Rangkuti, D., Lubis, S. I., Salayan, M., Sari, D. E., & Mujib, A. (2022). Development of Learning Tools Assisted by Manipulative Teaching Aids Through Problem-Based Learning. Development, 5(2).
Riyanto, S., &Hatmawan, A. A. (2020). Metodel Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di BidangManajemen, Teknik, Pendidikan, dan Eksperimen. Yogyakarta: Deepublish Publisher
Sartyka, B., Mujib, A., & Mawengkang, H. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik dan Kemandirian Belajar Peserta Didik. APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 35-46.
Suryani, N., dkk. (2018). Media PembelajaranInovatif dan Pengembangannya. Bandung: RemajaRosdakarya
Sukmawarti dan Hidayat. (2021).The aplication of augmented realty in elementry school education, 10 (3), 3
Tarigan, L. A. B., & Napitupulu, S. (2021). Pengembangan Media Papan Magnetik Pada Pembelajaran Ipa Materi Metamorfosis Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(2), 168-179.
Published
2022-06-30