Peningkatan Keterampilan Siswa Dalam Menulis Melalui Gambar Animasi Di Madrasah Ibtidaiyah Al- Marwa Kecamatan Medan Denai Sumatera Utara

Main Article Content

Nurlaili
Ika Sandra Dewi
Zulfitri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa dalam menulis yang disajikan melalui gambar animasi. Subjek penelitian ini adalah anak siwa kelas 5  Madrasah Ibtidaiyah Al- Marwa Kecamatan Medan Denai Sumatera Utara. Yang siswanya berjumlah 20 siswa. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan dengan 2 siklus dengan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dan data diproleh dari hasil observasi, test dan dokumentasi.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan kemampuan siswa kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah Al- Marwa ini dalam menulis yang dideskripsikan melalui gambar animasi. Melalui metode ini dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis dan juga meingkatnya kemampuan siswa dalam mengelaborasikan pengetahuannya dengan apa yang dilihatnya dan dituliskannya. Terjadinya peningkatan keterampilan siswa dalam menulis dapat dilihat dari hasil data yang telah dianalisis, dimana pre-siklus sebanyak 13 siswa atau 64% ketuntasan belajar yang diproleh. Dan pada siklus I terdapat 19 siswa yang berkisaran 96% mencapai ketuntasan dan pada siklus II mencapai 100% dengan jumlah siswa sebanyak 20 siswa.  Ketruntasan yang diproleh dalam peningkatan keterampilan menulis yang disajikan melalui gambar animasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Akhadiah, S. (1993). Penggunaan Bahasa yang Baik dalam Penulisan Karya Ilmiah [online].Tersedia:http://www.file.wordpres.com.[ 20 November 2013 ]
Astuti, Y. W., & Mustadi, A. (2014). Pengaruh penggunaan media film animasi terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SD. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 250-262.
Husna, L. (2011). Peningkatan keterampilan menulis cerita melalui media gambar kartun pada siswa kelas-5 MI Darussalam Desa Kepuharjo Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).
Kusuma, N., Mujib, A., Syahputra, E., & Ariswoyo, S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 39-45.
Lubis, M. S. (2020). Penerapan Model Explicit Instruction pada Pembelajaran Lagu-Lagu Daerah di Kelas IV SDN 101886 Kiri Hilir. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 2(2), 71-80.
Mahyuddin, R., & Desyandri, D. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Dengan Media Gambar Animasi Di Kelas IV SD. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1).
Usman, A., Fauzi, A., Karnasih, I., & Mujib, A. (2020). Kemampuan Spasial Siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Alat Peraga Berbahan Pipet. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(2), 321-330.