Penerapan Metode Eja Terhadap Kemampuan Menulis Permulaan di Kelas I Sekolah Dasar Negeri No 104265 Lestari Dadi
Isi Artikel Utama
Abstrak
Kemampuan menulis merupakan salah satu kemampuan berbahasa yang bersifat produktif, artinya dengan kemampuan membaca menulis siswa dapat menghasilkan suatu karya dalam bentuk tulisan. Banyak hal yang terlibat pada saat seseorang menulis. Berpikir secara teratur dan logis, mampu mengungkapkan gagasan secara jelas, serta mampu menggunakan bahasa secara efektif dan menerapkan kaidah dalam menulis. Berdasarkan hasil observasi awal yang saya lakukan terkait kondisi di lokasi penelitian terlihat bahwa dalam menerapkan kemampuan menulis di kelas I, guru tidak menerapkan metode menulis yang bervariasi. Hal ini dibuktikan dengan peserta didik merasa bosan dan jenuh ketika proses pembelajaran sedang berlangsung. Selain itu, setelah dilakukan pengamatan, diketahui masalah yang terjadi adalah karena peserta didik belum mampu menuliskan kata sederhana dengan benar, dan masih mengeja setiap kata yang dibaca, akibatnya peserta didik tidak memahami apa yang disampaikan guru di dalam kelas. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana kemampuan menulis permulaan sebelum menerapkan metode eja di kelas I Sekolah Dasar Negeri No 104265 Lestari Dadi ? Bagaimana kemampuan menulis permulaan setelah menerapkan metode eja di kelas I Sekolah Dasar Negeri No 104265 Lestari Dadi ?Apakah ada peningkatan kemampuan menulis permulaan peserta didik setelah diterapkan metode eja di kelas I Sekolah Dasar Negeri No 104265 Lestari Dadi ? Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui kemampuan menulis permulaan sebelum menerapkan metode eja di kelas I Sekolah Dasar Negeri No 104265 Lestari Dadi. Untuk mengetahui kemampuan menulis permulaan setelah menerapkan metode eja di kelas I Sekolah Dasar Negeri No 104265 Lestari Dadi. Untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis permulaan peserta didik setelah diterapkan metode eja di kelas I Sekolah Dasar Negeri No 104265 Lestari Dadi. Penelitian ini menggunakan 40 siswa sebagai sampel dari 208 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan cara mengadakan pretes dan postest metode eja. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Penerapan metode eja terhadap kemampuan menulis permulaan peserta didik kelas I menunjukkan hasil yang baik. Metode eja efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis permulaan. Hal ini dibuktikan dengan Kemampuan menulis permulaan sebelum diterapkan metode eja memiliki rata-rata 72,05, dan setelah diterapkannya metode eja memiliki rata-rata 82,3. Hal ini mengalami penigkatan yang cukup signifikan. Dari hasil yang didapatkan, maka hasil yang dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan menulis permulaan setelah menerapkan metode eja pada peserta didik kelas I Sekolah Dasar Negeri No. 104265 Lestari Dadi.
Kata Kunci : Metode Eja, Kemampan Menulis Permulaan
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Rincian Artikel
By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
The article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution 4.0 International License
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JPPT's spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, EJPRM permits users to copy, distribute, display, and perform the work. Users will also need to attribute authors and JPPT to distributing works in the journal and other media of publications.
4. Rights of Authors
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights;
- Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
- The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
- The right to reproduce the article for own purposes,
- The right to self-archive the article,
- The right to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
5. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JPPT will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JPPT will only communicate with the corresponding author.
6. Royalties
Being an open accessed journal and disseminating articles for free under the Creative Commons license term mentioned, author(s) aware that JPPT entitles the author(s) to no royalties or other fees.
7. Miscellaneous
JPPT will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JPPT's editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Referensi
Anggeani, V., & Asyah, N. (2022). Hubungan Konsep Diri Dengan Kemampuan Resolusi Konflik Interpersonal Pada Siswa Di SMK Istiqlal Deli Tua. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(3), 209-220.
Arianto, N., & Bahri, S. (2022). Peran Orang Tua di Masa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas II SDIT Andika Tanjung Morawa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 4(1), 01-13.
Dalman. (2013). Keterampilan Membaca. Jakarta: PT Rajawali Pers
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1993). Petunjuk Pengajaran Membaca dan Menulis Kelas I, II di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen P dan K.
Djamarah, Syaiful dan Zain Aswan. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Harris. (1977). Efektivitas Pengajaran Menulis. http://www.ialf.edu/bipa/jan 2003 diunduh pukul 17.00 tanggal 03 Januari 2022.
Kurniah. (2018). Penerapan Metode Eja Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Dikelas Awal Pada Peserta Didik MIN Simullu Kabupaten Majene. Skripsi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Hermansyah, H., & Silalahi, B. R. (2022). Keefektifan Model Membaca Total Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Swasta GKPS Pamah. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(2), 189-198.
Mulyani, Sri. (2009). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Menulis Permulaan Siswa Kelas I Melalui Penerapan Pendekatan Pembelajaran Terpadu (PTK di SDN 04 Punduhsari. Skripsi Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Resmini. (2016). Membaca dan Menulis di SD, Teori, dan Pengajaran. Bandung: UPI Press.
Ritawati, Wahyudin. (1996). Bahan Ajar Pendidikan Bahasa Indonesia di Kelas-kelas Rendah SD. Padang: IKIP
Sabarti Akhadiah. Dkk. Pembinaan (1993). Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Siska, A., Mujib, A., & Putri, D. A. P. (2022). Pengaruh Motivasi Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Sekolah Batam (Studi Pada Sdn 005 Sekupang Batam). Jurnal Dedikasi Pendidikan, 6(1), 93-106.
Sudjana, Nana. (2004). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Cet.VII. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R dan D. Bandung: Alfabeta.
Sumiati & Asra. (2009). Metode Pembelajaran. Bandung : CV Wacana Prima.
Suryani, E., Mujib, A., & Sardjijo, S. (2021). Kualitas Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SD Swasta Kota Batam. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(2), 239-249.
Wati. (1996).Bahan Ajar Pendidikan Bahasa Indonesia di Kelas-kelas Rendah SD.
Padang: IKIP.
Zuuchdi, Darmiyati. (2001). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Yogyakarta: PAS