Penerapan Metode Eja Terhadap Kemampuan Menulis Permulaan di Kelas I Sekolah Dasar Negeri No 104265 Lestari Dadi

Isi Artikel Utama

nurul fauziah
Sujarwo

Abstrak

Kemampuan menulis merupakan salah satu kemampuan berbahasa yang bersifat produktif, artinya dengan kemampuan membaca menulis siswa dapat menghasilkan suatu karya dalam bentuk tulisan. Banyak hal yang terlibat pada saat seseorang menulis. Berpikir secara teratur dan logis, mampu mengungkapkan gagasan secara jelas, serta mampu menggunakan bahasa secara efektif dan menerapkan kaidah dalam menulis. Berdasarkan hasil observasi awal yang saya lakukan terkait kondisi di lokasi penelitian terlihat bahwa dalam menerapkan kemampuan menulis di kelas I, guru tidak menerapkan metode menulis yang bervariasi. Hal ini dibuktikan dengan peserta didik merasa bosan dan jenuh ketika proses pembelajaran sedang berlangsung. Selain itu, setelah dilakukan pengamatan, diketahui masalah yang terjadi adalah karena peserta didik belum mampu menuliskan kata sederhana dengan benar, dan masih mengeja setiap kata yang dibaca, akibatnya peserta didik tidak memahami apa yang disampaikan guru di dalam kelas. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana kemampuan menulis permulaan sebelum menerapkan metode eja di kelas I Sekolah Dasar Negeri No 104265 Lestari Dadi ? Bagaimana kemampuan menulis permulaan setelah menerapkan metode eja di kelas I Sekolah Dasar Negeri No 104265 Lestari Dadi ?Apakah ada peningkatan kemampuan menulis permulaan peserta didik setelah diterapkan metode eja di kelas I Sekolah Dasar Negeri No 104265 Lestari Dadi ? Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui kemampuan menulis permulaan sebelum menerapkan metode eja di kelas I Sekolah Dasar Negeri No 104265 Lestari Dadi. Untuk mengetahui kemampuan menulis permulaan setelah menerapkan metode eja di kelas I Sekolah Dasar Negeri No 104265 Lestari Dadi. Untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis permulaan peserta didik setelah diterapkan metode eja di kelas I Sekolah Dasar Negeri No 104265 Lestari Dadi. Penelitian ini menggunakan 40 siswa sebagai sampel dari 208 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan cara mengadakan pretes dan postest metode eja. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Penerapan metode eja terhadap kemampuan menulis permulaan peserta didik kelas I menunjukkan hasil yang baik. Metode eja efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis permulaan. Hal ini dibuktikan dengan Kemampuan menulis permulaan sebelum diterapkan metode eja memiliki rata-rata 72,05, dan setelah diterapkannya metode eja memiliki rata-rata 82,3. Hal ini mengalami penigkatan yang cukup signifikan. Dari hasil yang didapatkan, maka hasil yang dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan menulis permulaan setelah menerapkan metode eja pada peserta didik kelas I Sekolah Dasar Negeri No. 104265 Lestari Dadi.


Kata Kunci : Metode Eja, Kemampan Menulis Permulaan

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Abdurrahman, Mulyono. (2012). Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Anggeani, V., & Asyah, N. (2022). Hubungan Konsep Diri Dengan Kemampuan Resolusi Konflik Interpersonal Pada Siswa Di SMK Istiqlal Deli Tua. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(3), 209-220.
Arianto, N., & Bahri, S. (2022). Peran Orang Tua di Masa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas II SDIT Andika Tanjung Morawa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 4(1), 01-13.
Dalman. (2013). Keterampilan Membaca. Jakarta: PT Rajawali Pers
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1993). Petunjuk Pengajaran Membaca dan Menulis Kelas I, II di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen P dan K.
Djamarah, Syaiful dan Zain Aswan. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Harris. (1977). Efektivitas Pengajaran Menulis. http://www.ialf.edu/bipa/jan 2003 diunduh pukul 17.00 tanggal 03 Januari 2022.
Kurniah. (2018). Penerapan Metode Eja Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Dikelas Awal Pada Peserta Didik MIN Simullu Kabupaten Majene. Skripsi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Hermansyah, H., & Silalahi, B. R. (2022). Keefektifan Model Membaca Total Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Swasta GKPS Pamah. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(2), 189-198.
Mulyani, Sri. (2009). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Menulis Permulaan Siswa Kelas I Melalui Penerapan Pendekatan Pembelajaran Terpadu (PTK di SDN 04 Punduhsari. Skripsi Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Resmini. (2016). Membaca dan Menulis di SD, Teori, dan Pengajaran. Bandung: UPI Press.
Ritawati, Wahyudin. (1996). Bahan Ajar Pendidikan Bahasa Indonesia di Kelas-kelas Rendah SD. Padang: IKIP
Sabarti Akhadiah. Dkk. Pembinaan (1993). Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Siska, A., Mujib, A., & Putri, D. A. P. (2022). Pengaruh Motivasi Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Sekolah Batam (Studi Pada Sdn 005 Sekupang Batam). Jurnal Dedikasi Pendidikan, 6(1), 93-106.
Sudjana, Nana. (2004). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Cet.VII. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R dan D. Bandung: Alfabeta.
Sumiati & Asra. (2009). Metode Pembelajaran. Bandung : CV Wacana Prima.
Suryani, E., Mujib, A., & Sardjijo, S. (2021). Kualitas Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SD Swasta Kota Batam. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(2), 239-249.
Wati. (1996).Bahan Ajar Pendidikan Bahasa Indonesia di Kelas-kelas Rendah SD.
Padang: IKIP.
Zuuchdi, Darmiyati. (2001). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Yogyakarta: PAS