Pengaruh Metode Bercerita terhadap Keterampilan Berbicara Anak Di PAUD Bina Produktivitas Kecamatan Portibi Kabupaten Padang Lawas Utara Tahun Ajaran 2021/2022
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan anak dalam merangkai kata menata kalimat dan mengingat kosakata yang baru. Para pendidik tentunya menginginkan anak-anaknya menjadi seorang yang pandai dalam berbicara nya. Untuk menciptakan kemampuan yang diharapkan oleh pendidik tersebut harus dilatih kepada anak-anak sejak dini. Misalnya dengan mengucapkan kalimat-kalimat sederhana dalam sebuah cerita. Hal ini dikarenakan anak usia dini adalah masa golden age. Ketika anak berada pada usia ini harus diberi stimulus dan pendidikan yang baik sehingga dapat merangsang perkembangan dan pertumbuhan anak secara optimal. Untuk itu pendidik harus menciptakan kegiatan pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan berbicara pada anak. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah kemampuan berbicara anak dengan metode yang digunakan guru dalam pembelajaran di kelas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan metode bercerita berpengruh terhadap keterampilan berbicara anak di PAUD Bina Produktivitas Kecamatan Portibi Kabupaten Padang Lawas Utara Tahun Ajaran 2021/2022? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode bercerita terhadap keterampilan berbicara pada anak di PAUD Bina Produktivitas Kecamatan Portibi Kabupaten Padang Lawas Utara Tahun Ajaran 2021/2022. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, serta menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian adalah seluruh anak di PAUD Bina Produktivitas yaitu sejumlah 35 anak, sampel dalam penelitian ini sejumlah 15 anak. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara metode bercerita terhadap kemampuan berbicara anak usia dini di PAUD Bina Produktivitas. Hasil hitung pada taraf signifikansi 5% ternyata nilai thitung > ttabel, yaitu 37.470 > 1.68488, artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Demikian juga dengan besarnya pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan berbicara anak usia dini menunjukkan hasil 79%. Maka dari hasil tersebut menunjukkan bahwa dengan metode bercerita mampu menjadikan kemampuan berbicara anak menjadi meningkat dan lebih baik
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
The article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution 4.0 International License
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JPPT's spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, EJPRM permits users to copy, distribute, display, and perform the work. Users will also need to attribute authors and JPPT to distributing works in the journal and other media of publications.
4. Rights of Authors
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights;
- Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
- The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
- The right to reproduce the article for own purposes,
- The right to self-archive the article,
- The right to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
5. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JPPT will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JPPT will only communicate with the corresponding author.
6. Royalties
Being an open accessed journal and disseminating articles for free under the Creative Commons license term mentioned, author(s) aware that JPPT entitles the author(s) to no royalties or other fees.
7. Miscellaneous
JPPT will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JPPT's editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
References
Hermansyah, H., & Silalahi, B. R. (2022). Keefektifan Model Membaca Total Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Swasta GKPS Pamah. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(2), 189-198.
Jannah, M., & Darwis, U. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Paired Storytelling Terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Siswa Kelas IV SD Al-Washliyah 43 Firdaus. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(01), 01-16.
Moeslichatoen. 2004. Metode pengajaran di taman kanak-kanak. Jakarta: Rineka cipta.
Nasution, T. F. Z., & Lestari, N. (2021). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Kewarganegaraan Di Kelas IV SD. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(01), 94-104.
Ngura, E. T. (2018). Pengembangan Media buku cerita bergambar untuk meningkatkan kemampuan bercerita dan perkembangan sosial Anak Usia Dini Di TK Maria Virgo Kabupaten Ende. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 5(1), 6-14.
Sartika, E. (2021). Hubungan Antara Kebiasaan Membaca dan Minat Membaca Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Negeri 101772 Tanjung Selamat. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(2), 97-106.
Siska, A., Mujib, A., & Putri, D. A. P. (2022). Pengaruh Motivasi Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Sekolah Batam (Studi Pada Sdn 005 Sekupang Batam). Jurnal Dedikasi Pendidikan, 6(1), 93-106.
Solihati, S. (2015). Efektifitas Media Panggung Boneka untuk Meningkatkan Kemampuan Bercerita pada Anak Usia Dini. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 2(2), 57-65.
Suryadi & Dahlia. 2014. Implementasi dan Inovasi Kurikulum PAUD 2013, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suyanto. 2009. Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini, Yogyakarta : Multi Pressindo
Suyadi . 2014. Teori pembelajaran Anak usia Dini . Bandung: Rosda
Wondal, R. (2015). Meningkatkan Kemampuan Bercerita Anak Melalui Metode Karya Wisata. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 1-14.