Pengaruh Metode Bercerita terhadap Keterampilan Berbicara Anak Di PAUD Bina Produktivitas Kecamatan Portibi Kabupaten Padang Lawas Utara Tahun Ajaran 2021/2022

  • Novita Frizka Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Nuraya Sihombing Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Darajat Rangkuti Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
Keywords: Berbicara, Keterampilan, bercerita

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan anak dalam merangkai kata menata kalimat dan mengingat kosakata yang baru. Para pendidik tentunya menginginkan anak-anaknya menjadi seorang yang pandai dalam berbicara nya. Untuk menciptakan kemampuan yang diharapkan oleh pendidik tersebut harus dilatih kepada anak-anak sejak dini. Misalnya dengan mengucapkan kalimat-kalimat sederhana dalam sebuah cerita. Hal ini dikarenakan anak usia dini adalah masa golden age. Ketika anak berada pada usia ini harus diberi stimulus dan pendidikan yang baik sehingga dapat merangsang perkembangan dan pertumbuhan anak secara optimal. Untuk itu pendidik harus menciptakan kegiatan pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan berbicara pada anak. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah kemampuan berbicara anak dengan metode yang digunakan guru dalam pembelajaran di kelas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan metode bercerita berpengruh terhadap keterampilan berbicara anak di PAUD Bina Produktivitas Kecamatan Portibi Kabupaten Padang Lawas Utara Tahun Ajaran 2021/2022? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode bercerita terhadap keterampilan berbicara pada anak di PAUD Bina Produktivitas Kecamatan Portibi Kabupaten Padang Lawas Utara Tahun Ajaran 2021/2022. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, serta menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian adalah seluruh anak di PAUD Bina Produktivitas yaitu sejumlah 35 anak, sampel dalam penelitian ini sejumlah 15 anak. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara metode bercerita terhadap kemampuan berbicara anak usia dini di PAUD Bina Produktivitas. Hasil hitung pada taraf signifikansi 5% ternyata nilai thitung > ttabel, yaitu 37.470 > 1.68488, artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Demikian juga dengan besarnya pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan berbicara anak usia dini menunjukkan hasil 79%. Maka dari hasil tersebut menunjukkan bahwa dengan metode bercerita mampu menjadikan kemampuan berbicara anak menjadi meningkat dan lebih baik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dalman . 2014. Keterampilan membaca, Jakarta: rajawali
Hermansyah, H., & Silalahi, B. R. (2022). Keefektifan Model Membaca Total Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Swasta GKPS Pamah. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(2), 189-198.
Jannah, M., & Darwis, U. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Paired Storytelling Terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Siswa Kelas IV SD Al-Washliyah 43 Firdaus. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(01), 01-16.
Moeslichatoen. 2004. Metode pengajaran di taman kanak-kanak. Jakarta: Rineka cipta.
Nasution, T. F. Z., & Lestari, N. (2021). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Kewarganegaraan Di Kelas IV SD. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(01), 94-104.
Ngura, E. T. (2018). Pengembangan Media buku cerita bergambar untuk meningkatkan kemampuan bercerita dan perkembangan sosial Anak Usia Dini Di TK Maria Virgo Kabupaten Ende. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 5(1), 6-14.
Sartika, E. (2021). Hubungan Antara Kebiasaan Membaca dan Minat Membaca Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Negeri 101772 Tanjung Selamat. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(2), 97-106.
Siska, A., Mujib, A., & Putri, D. A. P. (2022). Pengaruh Motivasi Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Sekolah Batam (Studi Pada Sdn 005 Sekupang Batam). Jurnal Dedikasi Pendidikan, 6(1), 93-106.
Solihati, S. (2015). Efektifitas Media Panggung Boneka untuk Meningkatkan Kemampuan Bercerita pada Anak Usia Dini. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 2(2), 57-65.
Suryadi & Dahlia. 2014. Implementasi dan Inovasi Kurikulum PAUD 2013, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suyanto. 2009. Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini, Yogyakarta : Multi Pressindo
Suyadi . 2014. Teori pembelajaran Anak usia Dini . Bandung: Rosda
Wondal, R. (2015). Meningkatkan Kemampuan Bercerita Anak Melalui Metode Karya Wisata. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 1-14.
Published
2022-07-15