Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Kartu Flash Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Di Kelas IV SD Swasta Amalia Islamic School Medan Denai
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media kartu flash pada pembelajaran termatik terpadu tema 8 pada IV SD Swasta Amalia Islamic School Medan Denai. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif maka masalah penelitian yang harus dipecahkan berasal dari persoalan praktik. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV SD. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, Ini dapat dilihat dari sebelum diberikan tindakan nilai dikelas IV memiliki persentase ketuntasan 45% artinya 15 siswa dari 33 siswa yang mencapai nilai diatas KKM 75. Maka peneliti melakukan tindakan siklus I dengan menggunakan media pembelajaran berupa kartu flash didapatkan persentase ketuntasan meningkat menjadi 58% artinya dari 33 siswa hanya 19 siswa yang mencapai 75. Dengan diberikan tindakan terhadap siklus I dapat dilihat persentase kenaikan nilai siswa 10%. Kemudian diadakan lagi siklus II dengan persentase ketuntasan 88% artinya dari 33 siswa hanya 29 siswa tuntas dan persentase kenaikan nilai dari siklus II adalah 33%. Dari hasil penelitian yang telah peneliti lakukan, terlihat bahwa hasil belajar siswa meningkat. Data yang diperoleh dari masing-masing siklus dilihat perbandingan hasil belajarnya. Prosesdur dari penelitia ini adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun Instrumen pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan tes tertulis. Teknik keabsahan data yaitu trilangulasi dan teknik analisis yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui media kartu flash dapat meningkatkan hasil belajar siswa dikelas IV SDS Amalia Islamic School Medan Denai. Oleh sebab itu, disarankan agar guru dapat melaksanakan proses pembelajaran melalui pembelajaran menggunakan media kartu flash dengan tujuan untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
The article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution 4.0 International License
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JPPT's spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, EJPRM permits users to copy, distribute, display, and perform the work. Users will also need to attribute authors and JPPT to distributing works in the journal and other media of publications.
4. Rights of Authors
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights;
- Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
- The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
- The right to reproduce the article for own purposes,
- The right to self-archive the article,
- The right to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
5. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JPPT will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JPPT will only communicate with the corresponding author.
6. Royalties
Being an open accessed journal and disseminating articles for free under the Creative Commons license term mentioned, author(s) aware that JPPT entitles the author(s) to no royalties or other fees.
7. Miscellaneous
JPPT will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JPPT's editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
References
Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara Hal : 2-4
Aprillia, E. P., Nurimani, N., & Kusuma, A. P. (2021). Hubungan Gaya Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Matematika Materi Trigonometri. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III Hal : 143-149.
Anggraini, A. P., Oktavianti, I., & Ismaya, E. A. (2022, April). Eksperimentasi Model Take And Give Berbantuan Media Flashcard Kearifan Lokal Jepara Terhadap Hasil Belajar Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Snapmat) Hal : 126-137.
Bahri, S. & Hijjah, N., (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Cerpen di Kelas V SD Negeri 064970 Medan Denai. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(01) Hal : 24-32.
Eka, I. S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbantu Media Flash Card Terhadap Hasil Belajar Pkn Peserta Didik Kelas V Sdn 2 Waluyojati Pringsewu Lampung (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung). Hal : 12-13
Harahap, S. R. A. K., & Nasution, A. S. (2021). Pengembangan Media Berbasis Power Point Untuk Penyajian Bagian-Bagian Tumbuhan Melalui CTL Di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(2), 128-137.
Harahap, M., Mujib, A., & Nasution, A. S. (2022). Pengembangan Media Uno Math untuk Mengukur Pemahaman Konsep Luas Bangun Datar. AFoSJ-LAS (All Fields of Science Journal Liaison Academia and Society), 2(1), 209-217.
Hidayat, H., Sukmawarti, S., & Suwanto, S. (2021). The application of augmented reality in elementary school education. Research, Society and Development, 10(3), e14910312823-e14910312823. Hal: 1-2
Harwanti, M. S., Pratiwi, I. A., & Setiawan, D. (2021). Penerapan Model Mind Mapping Menggunakan media Flash Card Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema 5 Pada Siswa Kelas IV SD 02 Megawon. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1). Hal : 6-8
Hidayat, H., & Khayroiyah, S. (2018). Pengembangan Desain Didaktis Pada Pembelajaran Geometri. Jurnal MathEducation Nusantara, 1(1), Hal : 15-19.
Marini, K., & Silalahi, B. R. (2022). Pengembangan Media Monopoli Tematik Pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsa Di SD. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(2), 159-167.
Sukmawarti, & Asdelina (2022). Pengembangan Lkpd Berbasis Discovery Learning Pada Tema Panas Dan Perpindahannya Subtema Suhu Dan Kalor Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Mipa, 6(2), Hal : 1-7.
Susmiati, S. (2021). Penggunaan Media Power Point untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V SDN 118275 Sialang Pamoran II Kecamatan Silangkitang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(1), 62-72.
Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), Hal : 20-28.
Sukmawarti, S., & Khayroiyah, S. (2020). Desain Asesmen Alternatif Matematika Sd. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian (Vol. 3, No. 1) Hal : 641-645.
Sri, W. (2021). Pengembangan Media Flash Card Pada Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 3 Batu Kumbung (Doctoral Dissertation, Universitas_Muhammadiyah_Mataram). Hal : 5-6.
Sukmawarti, Hidayat, Lili Amelia Putri. (2022). Workshop Worksheet Berbasis Budaya bagi Guru MI Jami’atul Qamar Tanjung Morawa. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), Hal : 202-207.
Sukmawarti, Erica. (2021). Pengembangan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran PKN Di SD.Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar UMN AL-Washliyah Medan. Hal: 1-2
Tri, M. (2022). Efektivitas Penerapan Media Flashcard Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Membaca Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas Ii Di Mi Ma’arif Nu Ciberem Sumbang Banyumas (Doctoral Dissertation, Uin Prof. Kh Saifuddin Zuhri Purwokerto). Hal : 5-6