Pengembangan Media Ensiklopedia Model Lift the Flap Berbasis Masalah pada Pembelajaran Tematik Tema Perkembangan Teknologi di Kelas III Sekolah Dasar

  • Khelara Permata Sari Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Nurjannah Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
Keywords: Enskiklopedia, Pembelajaran Tematik, Lift the flap, Sekolah Dasar

Abstract

Kesulitan siswa khususnya siswa jenjang pendidikan sekolah dasar dalam memahami materi pembelajaran tematik terkendala oleh penggunaan media ajar yang saat ini belum optimal menarik minat belajar siswa. Bentuk media pembelajaran ensiklopedia dinilai efektif untuk mengatasi permasalah tersebut. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menghasilkan dan mengetahui kelayakan media pembelajaran Ensiklopedia model lift the flap berbasis masalah pada pembelajaran tematik tema perkembangan teknologi untuk siswa yang valid dari hasil validasi kelayakan oleh ahli materi, ahli bahasa dan respon guru. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model 3D yang dikembangkan oleh Thiagarajan mencakup empat langkah yaitu: tahapan define (pendefinisian), design (perancangan). Subjek dalam penelitian ini adalah validator ahli materi, ahli bahasa dan ahli pembelajaran. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif. Media yang dikembangkan divalidasi oleh satu orang ahli materi, satu orang ahli bahasa dan satu orang guru kelas III SD. hasil validasi ketiga validator dapat menunjukan hasil bahwa media ensiklopedia model lift the flap berbasis masalah pada pembelajaran tematik tema perkembangan teknologi dinyatakan valid, sehingga dinyatakan sangat layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, A. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk MeningkatkanHasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn di SMA Negeri 1 BatukliangUtara. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan diBidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 5 (1), 1-7.doi:https://doi.org/10.33394/jk.v5i1.1386
Harahap, S. R. A. K., & Nasution, A. S. (2021). Pengembangan Media Berbasis Power Point Untuk Penyajian Bagian-Bagian Tumbuhan Melalui CTL Di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(2), 128-137.
Harahap, M., Mujib, A., & Nasution, A. S. (2022). Pengembangan Media Uno Math untuk Mengukur Pemahaman Konsep Luas Bangun Datar. AFoSJ-LAS (All Fields of Science Journal Liaison Academia and Society), 2(1), 209-217.
Hidayat, H., Sukmawarti, S., & Suwanto, S. (2021). The application of augmented reality in elementary school education. Research, Society and Development, 10(3), e14910312823-e14910312823. Hal : 1-2
Hidayat, H., & Khayroiyah, S. (2018). Pengembangan Desain Didaktis Pada Pembelajaran Geometri. Jurnal MathEducation Nusantara, 1(1), Hal : 15-19.
Kusuma, N., Mujib, A., Syahputra, E., & Ariswoyo, S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 39-45.
Marini, K., & Silalahi, B. R. (2022). Pengembangan Media Monopoli Tematik Pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsa Di SD. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(2), 159-167.
Purba (2018), 'Perbaikan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Kompetensi Dasar Perubahan Sifat Benda Pelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri 060829 Kec. Medan Kota', Elementary School Journal 8(1) p-ISSN 2407-4934 e-ISSN 2355-1747.
Rusman (2013) Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers
Sanjaya W. (2016). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group
Setianingsih R, (2014). “Penggunaan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Sikap Percaya Diri Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan Bandung (diakses pada 7 april 2022 pukul 21:15 wib).
Sukmawarti, Erica. (2021). Pengembangan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran PKN Di SD. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar UMN AL-Wasliyah Medan.
Sukmawarti & Hidayat (2020). Cultural-Based Alternative Assessment Development in Elementary School Mathematics. Proceedings of the First International Conference on Science, Technology, Engineering and Industrial Revolution (ICSTEIR 2020), 288-292.
Sukmawarti, Hidayat, Lili Amelia Putri. (2022). Workshop Worksheet Berbasis Budaya bagi Guru MI Jami’atul Qamar Tanjung Morawa. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), Hal : 202-207.
Tarigan, L. A. B., & Napitupulu, S. (2021). Pengembangan Media Papan Magnetik Pada Pembelajaran IPA Materi Metamorfosis Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(2), 168-179.
Triskawati, T., & Silalahi, B. R. (2021). Pengembangan Media Dokansi Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Pantun Kelas IV SD. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(01), 55-67.
Published
2022-06-30