Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Kubus Berhuruf di PAUD Al-Mirah Tahun Ajaran 2021/2022

Main Article Content

Rusnaini Indah Saputri
Novita Friska

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan bahasa anak usia 5-6 tahun  melalui media kubus berhuruf. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan bahasa anak usia 5-6 tahun  melalui media kubus berhuruf di PAUD Al-Mirah tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian tindakan kelas di  lakukan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Tagart Empat tahap dalam penelitian tindakan kelas yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing), dan repleksi (reflecting). Subjek penelitian ini adalah anak kelompok seluruh anak usia 5 -6 tahun  yang berjumlah 20 orang. Objek penelitian adalah kemampuan Bahasa anak usia dini melalui media kubus berhuruf pada anak usia 5 – 6 tahun PAUD Al-Mirah Tahun Ajaran 2021-2022. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan bahasa  anak meningkat melalui media kubus berhuruf. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata kemampuan bahasa anak melalui media kubus berhuruf pada pra siklus dengan jumlah anak BSH dan BSB  sebanyak  8 anak meningkat menjadi 9 anak pada siklus I, dan mencapai 13 anak pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode kubus berhuruf ini dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

A.R, Syamsudin, Dkk. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Remaja Rosda karya.
Arikunto,Suharsimi.(2013).Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: RinekaCipta
Fertiliana Leli, Dkk. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5tahun Melalui Metode Bernyanyi Menggunakan Kartu Gambar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 1(1). 53-54.
Hamzah, F., Mujib, A., & Firmansyah, F. (2022). Efektivitas Pembelajaran Blended Learning Menggunakan Schoology Pada Pelajaran Matematika. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(1), 95-104.
Hasanah, Uswatun.(2018). Pengaruh Penggunaan Media Kotak Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Di Sdn Gentungan Kecamatan Bajeng Barat Kabupaten Gowa. Skripsi. Fakultas Kegururuan Dan Ilmu Pendidikan.Universitas Muhammadiyah Makassar. Makassar.
Hermansyah, H., & Silalahi, B. R. (2022). Keefektifan Model Membaca Total Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Swasta GKPS Pamah. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(2), 189-198.
Islamiati, Ana. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Bercerita Di Tk Cahaya Bunda Natar Lampung Selatan. Skripsi. Fakultas Tarbiyah Danilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Metro. Lampung.
Kusuma, N., Mujib, A., Syahputra, E., & Ariswoyo, S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 39-45.
Maharwati, Ni Komang.(2018). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan Anak Paud Berbantuan Media Gambar Melalui Metode Bercerita. Journal Of Education Technologi. 2(1). 6-12.
Millah, Azizatul. (2013). Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Melalui Metode Bermain Tanah Liat. Skripsi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Purwokerto.
Nasution, T. F. Z., & Lestari, N. (2021). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Kewarganegaraan Di Kelas IV SD. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(01), 94-104.
Nastiti, Budi. (2013). Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Melalui Kegiatan Bermain Circle Time. Skripsi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Purwokerto.
Nur, Siti Fauziyah. (2013). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Awal Melalui Permainan Kubus Bergambar Pada Anak Kelompok B3 Di Tk Plus Tunas Bangsa Sooko Mojokerto. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini. 2(1). 1-14.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (2014). Undang Undang. Jakarta.
Rizkiyana, Mar’ah. (2019). Meningkatkan Perkembangan Bagasa Anak Usia Dini Melalui Media Kartu Bergambar Kelompok A Di Tk Aisyiah Bustanul Athfal Wates Gadingrejo Pringsewu. Skripsi. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Raden Intan. Lampung.
Santika, A., & Nasution, A. S. (2021). Pengembangan media gambar berseri untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Indonesia di kelas 2 sd. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(2), 83-96.
Sartika, E. (2021). Hubungan Antara Kebiasaan Membaca dan Minat Membaca Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Negeri 101772 Tanjung Selamat. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(2), 97-106.
Sugiyono.(2017). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualititatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wararningsih, Tri Lestari. (2014). Upaya Meningkatkan Kemamouan Mengenal Huruf Menggunakan Media Kartu Kata Di Tk Sulthon Ngaglik Sleman. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.