Peran Orang Tua di Masa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas II SDIT Andika Tanjung Morawa

  • Niken Arianto Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Samsul Bahri Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
Keywords: Peran, orang tua, motivasi belajar anak.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dimasa pembelajaran tatap muka terbatas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas II di SD IT Andika Tanjung Morawa. Desain penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskritif dengan menggunakan strategi studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan kuesioner dalam bentuk angket dan berupa dokumentasi. Partisipan dalam penelitian ini yaitu  guru wali kelas II dan siswa kelas II SD IT Andika Tanjung Morawa. Hasil penemuan yang didapat penulis adalah peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas II yang ada di SD IT Andika Tanjung Morawa yaitu dilakukan dengan baik, para orang tua selalu berusaha meningkatkan motivasi belajar anak yaitu dengan memberikan fasilitas belajar yang baik, mengawasi proses belajar anak, membantu kesulitan belajar anak seperti membantu anak untuk fokus dalam memahami pembelajaran dan membantu anak jika mengalami kendala dalam belajar seperti membaca, menyusun kata dan berhitung. Motivasi belajar siswa pada masa pembelajaran tatap muka terbatas saat ini dapat dilihat dari beberapa hal yaitu semangat anak mengikuti pembelajaran, minat serta perhatihan anak dalam mengikuti pembelajaran dan tanggung jawab anak dalam belajar. Ada beberapa faktor penghambat  anak dalam belajar yaitu kesehatan anak, psikologis anak, kurang nya minat serta kesiapan anak dalam belajar, kecerdasan, sikap dan perilaku  pada diri anak. Maka dari itu peran orang tua sangat dibutuhkan dalam meningkatkan motivasi belajar anak agar anak-anak dapat mencapai hasil belajar yang maksimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asri, R., & Bahri, S. (2022). Pengaruh Perhatian Orang Tua Pada Masa Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDI Utsman Bin Affan. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(2), 199-208.

GMA Siregar, Hidayat, Sukmawarti, M D Siagian. (2021). “Evaluation of online learning for mathematics education students : Jurnal Pendidikan Matematika doi: 10.1088/1742-6596/1882/1/012064

Hidayat, Syarif. (2013). Pengaruh Kerjasama Orang Tua dan GuruTerhadap Disiplin Peserta Didik di SekolahMenengah Pertama (SMP) NegeriKecamatan Jagakarsa - Jakarta Selatan. Jurnal Ilmiah Widya, Volume 1 Nomor 2 Juli-Agustus 2013.

Mujib, A., & Firmansyah, F. (2021). Trik Matematika untuk Motivasi Siswa Belajar Matematika di MTs. Al-Ittihadiyah Pangkalan Masyhur Medan Johor. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian (Vol. 4, No. 1, pp. 1-11).

Mukhlis, M. A., & Napitupulu, S. (2021). Peran Orang Tua Di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD Negeri 106815 Deli Serdang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(2), 138-152.

Novrinda, dkk. (2017). Peran Orang tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Ditinjau Dari Latar Belakang Pendidikan. Jurnal Potensia PG-PAUD FKIP UNIB, 2(1).

Rahmayani, Ayu. (2019). Pengaruh Intensitas Komunikasi Terbuka Orang Tua Dengan Anak Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Peserta Didik Kelas Xi Sma Negeri 02 Brebes. Semarang: Jurusan Pendidikan Agama Islam UIN Walisongo Semarang.

Siska, A., Mujib, A., & Putri, D. A. P. (2022). Pengaruh Motivasi Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Sekolah Batam (Studi Pada Sdn 005 Sekupang Batam). Jurnal Dedikasi Pendidikan, 6(1), 93-106.

Siregar, M. L. S., & Hayati, R. (2021). Hubungan Komunikasi Orang Tua Dengan Motivasi Peserta Didik Di SMK Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(01), 68-76.

Sugiono (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendektan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sukmawarti, Erica. (2021). Pengembangan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran PKN Di SD. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar UMN AL-Washliyah Medan.

Sadirman, (2010). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Tirtarahardja, (2005). Pendidikan Orang Tua, Bandung: Remaja rosdakarya

Yan Djoko Pietono, (2014). Mendidik Anak Sepenuh Hati. Jakarta: PT Elex Media Komput Indo Kelompok Gramedia.

Published
2022-06-30