PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH PADA MASA PANDEMI COVID TERHADAP KINERJA GURU SD NEGERI KECAMATAN MEDAN DENAI

Main Article Content

Lailan
Sukmawarti

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kepemimpinan kepala sekolah di SD Negeri Kecamatan Medan Denai dan untuk mendeskripsikan kinerja guru di SD Negeri Kecamatan Medan Denai Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang dilakukan adalah ex post facto dengan analisis kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan guru di 3 SD Negeri Kecamatan Medan Denai sebanyak 101 orang. Penetapan sampel penelitian ini sebanyak 30 orang, peneliti menetapkan 25% dari jumlah populasi yang dapat mewakili populasi dengan teknik pengambilan sampel yaitu random sampling. Untuk memperoleh data yang diperlukan, maka dalam penelitian ini peneliti menggunakan alat pengumpulan data berupa angket kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan persyaratan analisis dengan uji normalitas dan uji linieritas. Sedangkan uji hipotesis dengan regresi sederhana dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepemimpinan Kepala Sekolah  SD Negeri Kecamatan Medan Denai termasuk dalam kategori sangat tinggi dengan skor rata-rata 99,76 dan Kinerja Guru SD Negeri Kecamatan Medan Denai termasuk dalam kategori sangat tinggi dengan skor rata-rata 100,7. Hasil analisis regresi sederhana diperoleh model persamaan Y ̂= 26,858 + 0,740. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,937 menunjukkan bahwa ada hubungan yang kuat antara kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru SD Negeri Kecamatan Medan Denai. Sedangkan nilai R2 sebesar 0,878 menjelaskan bahwa kepemimpinan kepala sekolah akan memberikan pengaruh sebesar 87,8% terhadap kinerja guru SD Negeri Kecamatan . Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru SD Negeri Kecamatan Medan Denai Tahun Ajaran 2021/2022. Dimana semakin baik kepemimpinan kepala sekolah maka semakin baik pula kinerja guru.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Azra, D. N. (2021). Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Membangun Karakter Disiplin Siswa Dalam Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar Islam Hudatul Khairiyah Condet Jakarta Timur.
Hadi (2013). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Gramedia Persada.
Hasibuan. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Kusminato. (2013). “Sumbangan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Sekolah, Dan Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Manggarai”. Tesis. Yogyakarta: Pascasarjana UNY.
Muljadi (2013). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Gramedia Persada.
Mulyasa. (2011). Menjadi Kepala Sekolah Efektif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Nawawi. (2012). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya Ofseet.
Pratiwi, N. L. A. M., & Negara, I. G. A. O. (2021). Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah terhadap Kinerja Guru di SD Gugus I Tegallalang Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(1).
Sartyka, B., Mujib, A., & Mawengkang, H. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik dan Kemandirian Belajar Peserta Didik. APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 35-46.
Sugiyono. (2011). Menjadi Guru Yang Bisa Digugu Dan Ditiru. Surabaya: Setya Media.
Suhardan. (2013). Standar Kompetensi Kepala Sekolah TK, SD, SMP, SMA, SMK&SLB: Dilengkapi Pedoman Penilaian Kelas, Pedoman Untuk Guru, Pengawas, dan Kepala Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Yustisia.
Suharsimi. (2011). Kepala Sekolah dan Tanggung Jawabnya. Yogyakarta. Nanisius.
Supardi. (2011). Kepemimpinan Yang Efektif. Yogyakarta: Gadjahmada Press.
Suryadi. (2011). Sistem Manajemen Kinerja. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Suryani, E., Mujib, A., & Sardjijo, S. (2021). Kualitas Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SD Swasta Kota Batam. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(2), 239-249.
Piyatno. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta : AP FIP IKIP Yogyakarta.
Priansa. (2011). Kepala Sekolah dan Motivasinya. Yogyakarta: Setya Media.
Usman. (2013). Menjadi Guru Yang Bisa Digugu Dan Ditiru. Surabaya: Setya Media.
Widoyoko. (2011). Teori Pengembangan Dan Filosofi Kepemimpinan Kerja. Jakarta: Iktiar Baru.
Wiyasa, I. Komang Ngurah. "Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru." Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru 4, no. 2 (2021).
Yolanda, R., Rejeki, S. I., & Salsabilah, L. S., Sukmawarti. (2021). Alternatif Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Online. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(1), 73-82.