PERAN ORANG TUA DI MASA PANDEMI COVID-19 DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SD NEGERI 106815 DELI SERDANG PERAN ORANG TUA DI MASA PANDEMI COVID-19 DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SD NEGERI 106815 DELI SERDANG

Main Article Content

Mukhlis Abdillah Mukhlis
Saprida Napitupulu

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh peran orangtua dalam meningkatkan motivasi belajar anak pada masa pandemi Covid-19 di SDN 106815 Marindal 1 Deli Serdang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara peran orangtua dalam meningkatkan motivasi belajar anak pada masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan jenis Kualitatif Deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi serta kuesioner/angket. Adapun waktu penelitian akan direncanakan pada bulan November 2021 serta wawancara dengan 15 orang informan yang merupakan orangtua/wali murid dari siswa kelas IV SDN 106815. Subjek pada penelitian ini merupakan orangtua dari siswa kelas IV SDN 106815 Marindal 1 Deli Serdang. Hasilnya penulis menemukan baha peran orangtua dalam meningkatkan motivasi belajar anak yang ada di SDN 106815 Marindal 1 Deli Serdang yaitu meliputi penyediaan fasilitas belajar, mengawasi kegiatan belajar anak, mengawasi serta menolong kesulitan belajar anak. Motivasi belajar anak pada masa pandemi Covid-19 saat ini dapat dilihat dari beberapa aspek yaitu minat dan perhatian anak terhadap pelajaran, semangat anak untuk belajar, dan tanggung jawab anak dalam belajar. Dalam meningkatkan motivasi belajar anak terdapat beberapa faktor penghambat yaitu faktor eksternal dan internal yang meliputi fasilitas belajar,suport/dukungan dari orangtua serta peran dari orangtua. Dalam hal ini peran orangtua sangat dibutuhkan dalam meningkatkan motivasi belajar anak agar anak-anak dapat mencapai hasil belajar yang diinginkan.


 


 


Kata kunci: Peran, Orangtua, Motivasi Belajar Anak


 


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Agustinova, D. E. (2015). Memahami Metode Penelitian Kualitatif: Teori & Praktis. Yogyakarta: Calpulis.
Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Hanum, A., Mujib, A., & Firmansyah, F. (2020). Literasi Matematis Siswa Menggunakan Etnomatematika Gordang Sambilan. JIPMat, 5(2), 173-184.
Hayati, A. S. (2020). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Dengan Sistem Daring pada Masa Pandemi di Desa Depokrejo, Kebumen. Tasyri': Jurnal Tarbiyah-Syari'ah Islamiyah, 27(2), 23-32.
Herwanto, H., Mujib, A., & Karnasih, I. (2020). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 72-77.
Sadirman. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendektan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sulastri, A., & Masriqon, M. (2021). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid 19 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4109-4119.
Sumarto & Hetifa. (2003). Inovasi, Partisipasi dan Good Governance. Bandung: Yayasan Bogor Indonesia.
Tampubolon, M. R., Julianti, P., & Mujib, A. (2021). Kemampuan Penalaran Soal Cerita dan Kedisiplinan Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(1), 46-61.
Wijayanti, R. M., & Fauziah, P. Y. (2020). Perspektif dan Peran Orangtua dalam Program PJJ Masa Pandemi Covid-19 di PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1304-1312.