PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN MAGNETIK PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI METAMORFOSIS KELAS IV SD

Main Article Content

Lulu Andriani Boru Tarigan
Saprida Napitupulu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan media pembelajaran papan magnetik pada materi metamorfosis kelas IV SD dengan harapan dapat membantu siswa dalam kegiatan pembelajaran, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran papan magnetik pada materi metamorfosis kelas IV SD dari hasil validasi kelayakan oleh ahli media dan ahli materi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan Research and development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang dikembangkan oleh Sugiyono (2011:407). Selanjutnya model tersebut dimodifikasi menjadi 3 tahap yaitu Analysis (analisis) ,Design (Perancangan) danDevelopment (pengembangan). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket. teknis analisis data yaitu deskriptif kualitatif.Media yang dikembangkan divalidasi oleh satu orang ahli materi dan satu orang ahli media. Validasi oleh ahli media dilaksanakan 2 tahap dan menghasilkan produk berupa media papan magnetik yang layak untuk siswa kelas IV SD. Validasi oleh ahli materi dilaksanakan 2 tahap dan menghasilkan produk berupa media papan mangetik yang layak untuk siswa kelas IV SD. Dengan demikian media pembelajaran yang di kembangkan ini dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran.


 


Kata Kunci : Media Papan Magnetik, Materi Metamorfosis


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Abidatus Sukriyah. (2018). Pengembangan media papan dart board magneric pada oprasi bilangan bulat dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang.
Alim Sumamo. (2012). Perbedaan penelitian dan pengembangan, http:// blog.elearning. unesa,ac.id/alim-sumamo/perbedaan-penelitian-dan-pengembangan.
Arief, S. Sadirman, R.Rahajo & Haryono. (2013). Pembelajaran IPA yang menarik dan mengasyikkan. Yogyakarta: Kapel Press
Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Daryanto. (2010). Media pembelajaran peranan yang sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Kartika Fajar Pramestiti, Siradjuddin. (2018). Penggunaan Media Papan Magnetik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Kondisi Geografis Siswa Kelas V Sdn Krampyangan Kota Pasuruan.
Kusuma, N., Mujib, A., Syahputra, E., & Ariswoyo, S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 39-45.
Mujib, A. (2016). Pengembangan Kemampuan Pembuktian dalam Matematika Diskrit Menggunakan Pengajaran Berbasis DNR. In Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (SNMPM) (pp. 122-138).
Nanda Estri Wahyuni, Arifin Muslim, Pamujo. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Dan Prestasi Belajar IpaSekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia Volume 2.
Nasution, A. S. (2021). Pengembangan media gambar berseri untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Indonesia di kelas 2 sd. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(2), 83-96.
Putra, Nusa. (2015). Research & Development penelitian dan pengembangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Pratiwi, I., Syafdaningsih, S., & Rukiyah, R. (2018). Pengembangan Alat Bermain Papan Magnetik Maze Untuk Anak. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 138-147.
Samatowa. (2011). Pembelajaran IPA disekolah dasar. Jakarta indeks
Sanacky H. (2013). Media pembelajaran interaktif-inovatif. Yogyakarta: Kaukabandipantara.
Sartyka, B., Mujib, A., & Mawengkang, H. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Dan Kemandirian Belajar Peserta Didik. APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 35-46.
Setyosari, Punaji. (2013). Metode penelitian pendidikan dan pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Sugiyono (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Susanto, A. (2013) .Teoribelajar dan pembelajaran disekolah dasar. Jakarta: Kencana prenada media grup.
Susmiati, S. (2021). Penggunaan Media Power Point untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V SDN 118275 Sialang Pamoran II Kecamatan Silangkitang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(1), 62-72.
Tritanto. (2010). Model pembelajaran inovatif-progresif konsep, landasan dan implementasinya pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (Ktsp). Jakarta: Kencana