Hubungan Antara Kebiasaan Membaca dan Minat Membaca Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Negeri 101772 Tanjung Selamat

Isi Artikel Utama

Emilia Sartika
Sujarwo

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan membaca dan minat membaca secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri 101772 Tanjung Selamat. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V, yang diambil dari seluruh populasi yang berjumlah 23 siswa. Metode pengambilan data menggunakan angket untuk variabel kebiasaan membaca dan minat membaca. Sedangkan untuk variabel keterampilan membaca pemahaman menggunakan tes. Teknik analisis data yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah dengan teknik analisis korelasional. Hasil analisis korelasi ganda menunjukkan bahwa secara bersama-sama kebiasaan membaca dan minat membaca mempunyai hubungan yang signifikan terhadap keterampilan membaca pemahaman. Hal ini dibuktikan berdasarkan perhitungan terlihat bahwa thitung X1 terhadap Y sebesar 3,383, thitung X2 terhadap Y sebesar 2,768, dan Fhitung X1 dan X2 terhadap Y sebesar 6,393 > Ftabel = 3,493 pada taraf signifikansi 0,05; dan berdasarkan koefisien korelasi product moment X1 terhadap Y sebesar 0,594, koefisien korelasi product moment X2 terhadap Y sebesar 0,517, dan koefisien korelasi ganda diperoleh r sebesar 0,624 berarti tingkat hubungan antara kebiasaan membaca dan minat membaca terhadap keterampilan membaca pemahaman termasuk kategori kuat dengan koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,390 atau 39 % keterampilan membaca pemahaman dipengaruhi oleh kebiasaan membaca dan minat membaca.
Kata Kunci : kebiasaan membaca, minat membaca dan keterampilan membaca pemahaman

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Anggraini, U., Luthfi, A., & Rizal, M. S. (2021). Pengaruh Strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 2(2), 17-27.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Hamzah, F., Mujib, A., & Firmansyah, F. (2022). Efektivitas Pembelajaran Blended Learning Menggunakan Schoology. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(1).
Herwanto, H., Mujib, A., & Karnasih, I. (2020). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 72-77.
Kalsum, U. (2021). Pengaruh Penggunaan Metode Jigsaw dan Minat Baca Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar. el-Ibtidaiy: Journal of Primary Education, 4(2), 201-208.
Nasution. (2014). Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.
Somadayo, S. (2011). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sumarto. & Hetifa. (2003). Inovasi, Partisipasi dan Good Govermance. Bandung: Yayasan Obor Indonesia.
Syahputri, M., & Febriyanty, L. (2021). Kemampuan Penalaran Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(1), 1-14.
Tahmidaten, L. & Krismanto, W. 2020. Permasalahan Budaya Membaca di Indonesia (Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya). Dalam Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (Online), Vol 10(1) 12.