Pengembangan media gambar berseri untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Indonesia di kelas 2 sd
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media gambar berseri yang dapat mengatasi permasalahan pada siswa kelas II SD dalam pembelajaran muatan bahasa Indonesia khususnya pada materi Dongeng Sapi dan Mengganti Pakaian, serta memudahkan siswa dalam mempelajari materi secara mandiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D). Pengembangan produk dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan pembelajaran Dick and Carey. Subjek uji coba adalah seorang guru Kelas II yang berada di SD Negeri 106450 Cinta Air dengan materi dongeng berjudul Sapi dan Kerbau Ganti Baju. Objek penelitian ini adalah media gambar berseri dalam subjek cerita rakyat Indonesia. Waktu penelitian direncanakan pada bulan Juli 2021. Prosedur pengembangan yang harus dilakukan untuk menghasilkan bahan ajar media gambar serial berupa Pop Up Book terdiri dari analisis masalah, perancangan media gambar serial, validasi produk dan revisi. Instrumen utama yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam pengembangan ini adalah instrumen ahli materi dan ahli media yang berasal dari dosen Universitas Muslim Nusantara AW Medan dan guru kelas II. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif, yaitu data yang diperoleh dari hasil lembar observasi pernyataan tim validasi media, materi dan tanggapan guru. Berdasarkan analisis hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa dalam validasi ahli materi dan media yang dilakukan dalam dua tahap dengan satu kali revisi, Media gambar berseri dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang dikembangkan dinyatakan baik dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran di SD Negeri 106450 Cinta Air. Hal ini dapat dibuktikan dengan penilaian yang diperoleh dari produk awal dengan produk revisi mengalami peningkatan penilaian.
Kata Kunci: Keterampilan Mendengarkan, Menulis, dan Berbicara, Pengembangan Media Gambar Seri, Bahasa Indonesia
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
The article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution 4.0 International License
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JPPT's spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, EJPRM permits users to copy, distribute, display, and perform the work. Users will also need to attribute authors and JPPT to distributing works in the journal and other media of publications.
4. Rights of Authors
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights;
- Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
- The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
- The right to reproduce the article for own purposes,
- The right to self-archive the article,
- The right to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
5. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JPPT will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JPPT will only communicate with the corresponding author.
6. Royalties
Being an open accessed journal and disseminating articles for free under the Creative Commons license term mentioned, author(s) aware that JPPT entitles the author(s) to no royalties or other fees.
7. Miscellaneous
JPPT will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JPPT's editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
References
https://www.academia.edu/37411634/HAKIKAT_Bahasa/2020/20/12.
Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.
Ayu, P. (2016). Kemampuan Guru Sekolah Dasar dalam Mengadakan Variasi pada Pembelajaran Tematik digugus Imam Bonjol Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobongan. Universitas Negeri Semarang.
Chandra, S. (2009). Pendidikan, Hakikat, Tujuan, dan Proses. Universitas Negeri Yogyakarta.
http://staffnew.uny.ac.id/upload/131644620/penelitian/PENDIDIKAN+HAKEKAT,+TUJUAN,+DAN+PROSES+Makalah.pdf
Departemen Pendidikan Nasional (2006). Penerapan Strategi Pembelajaran Think Pair Share untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Interaktif Siswa.
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/view/11434
Fathurrrohman. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta. AR-RUZZ MEDIA.
Hamalik, O. (2009). Pengelolaan Kelas:Upaya Mengukur Keberhasilan Proses Pembelajaran. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto.
http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/download/1696/1220/
Hamidjojo. (2013). Fungsi dan Peran Media Pembelajaran Sebagai upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa.
https://jurnalkwangsan.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalkwangsan/article/view/7
Hamzah, F., Mujib, A., & Firmansyah, F. (2022). efektivitas pembelajaran blended learning menggunakan schoology. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(1).
Hasanah, N. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Karakter. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 1(1), 24-30.
Herwanto, H., Mujib, A., & Karnasih, I. (2020). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 72-77.
Izkiyah, L (2020). Penggunaan Gambar Berseri untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas III SDN Wonorejo 11-313 Surabaya. Universitas
Sartyka, B., Mujib, A., & Mawengkang, H. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik dan Kemandirian Belajar Peserta Didik. APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 35-46.