Pengembangan media gambar berseri untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Indonesia di kelas 2 sd

Main Article Content

Ayu Santika
Ahmad Sukri Nasution

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media gambar berseri yang dapat mengatasi permasalahan pada siswa kelas II SD dalam pembelajaran muatan bahasa Indonesia khususnya pada materi Dongeng Sapi dan Mengganti Pakaian, serta memudahkan siswa dalam mempelajari materi secara mandiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D). Pengembangan produk dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan pembelajaran Dick and Carey. Subjek uji coba adalah seorang guru Kelas II yang berada di SD Negeri 106450 Cinta Air dengan materi dongeng berjudul Sapi dan Kerbau Ganti Baju. Objek penelitian ini adalah media gambar berseri dalam subjek cerita rakyat Indonesia. Waktu penelitian direncanakan pada bulan Juli 2021. Prosedur pengembangan yang harus dilakukan untuk menghasilkan bahan ajar media gambar serial berupa Pop Up Book terdiri dari analisis masalah, perancangan media gambar serial, validasi produk dan revisi. Instrumen utama yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam pengembangan ini adalah instrumen ahli materi dan ahli media yang berasal dari dosen Universitas Muslim Nusantara AW Medan dan guru kelas II. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif, yaitu data yang diperoleh dari hasil lembar observasi pernyataan tim validasi media, materi dan tanggapan guru. Berdasarkan analisis hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa dalam validasi ahli materi dan media yang dilakukan dalam dua tahap dengan satu kali revisi, Media gambar berseri dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang dikembangkan dinyatakan baik dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran di SD Negeri 106450 Cinta Air. Hal ini dapat dibuktikan dengan penilaian yang diperoleh dari produk awal dengan produk revisi mengalami peningkatan penilaian.


Kata Kunci: Keterampilan Mendengarkan, Menulis, dan Berbicara, Pengembangan Media Gambar Seri, Bahasa Indonesia


 


 


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Anggita, B. (2018). Hakikat Bahasa.
https://www.academia.edu/37411634/HAKIKAT_Bahasa/2020/20/12.
Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.
Ayu, P. (2016). Kemampuan Guru Sekolah Dasar dalam Mengadakan Variasi pada Pembelajaran Tematik digugus Imam Bonjol Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobongan. Universitas Negeri Semarang.
Chandra, S. (2009). Pendidikan, Hakikat, Tujuan, dan Proses. Universitas Negeri Yogyakarta.
http://staffnew.uny.ac.id/upload/131644620/penelitian/PENDIDIKAN+HAKEKAT,+TUJUAN,+DAN+PROSES+Makalah.pdf
Departemen Pendidikan Nasional (2006). Penerapan Strategi Pembelajaran Think Pair Share untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Interaktif Siswa.
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/view/11434

Fathurrrohman. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta. AR-RUZZ MEDIA.
Hamalik, O. (2009). Pengelolaan Kelas:Upaya Mengukur Keberhasilan Proses Pembelajaran. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto.
http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/download/1696/1220/
Hamidjojo. (2013). Fungsi dan Peran Media Pembelajaran Sebagai upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa.
https://jurnalkwangsan.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalkwangsan/article/view/7
Hamzah, F., Mujib, A., & Firmansyah, F. (2022). efektivitas pembelajaran blended learning menggunakan schoology. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(1).
Hasanah, N. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Karakter. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 1(1), 24-30.
Herwanto, H., Mujib, A., & Karnasih, I. (2020). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 72-77.
Izkiyah, L (2020). Penggunaan Gambar Berseri untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas III SDN Wonorejo 11-313 Surabaya. Universitas
Sartyka, B., Mujib, A., & Mawengkang, H. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik dan Kemandirian Belajar Peserta Didik. APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 35-46.