MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI

Main Article Content

Lidya Arlini Tarigan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Bahasa Inggris di Kelas VII-1 melalui Metode Pembelajaran Demonstrasi di SMP Negeri 4 Pancur Batu  Tahun Pelajaran 2019/2020.  Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Metode Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VII-1 SMP Negeri 4 Pancur Batu  sebanyak 34 orang. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah menggunakan test, angket  dan observasi. Rentang nilai untuk tes  adalah 1-100. Instrumen yang di gunakan untuk pengelolaan data adalah menggunakan perhitungan jumlah rata-rata siswa yang tuntas, persentase jumlah siswa yang belum tuntas dan persentase jumlah siswa yang sudah tuntas. Hasil Penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar dengan menerapkan Metode pembelajaran demonstrasi dengan hasil sebagai berikut: (1) terdapat peningkatan rata-rata hasil belajar siswa, dimana pada tes tertulis awal rata-rata hasil belajar siswa adalah 33,82, pada siklus I meningkatkan menjadi 66,76 kemudian pada siklus II meningkat lagi menjadi 75,88, terdapat peningkatan jumlah siswa yang tuntas, dimana pada tes tertulis awal jumlah siswa yang tuntas hanya 0%, meningkat menjadi 70,59% pada siklus I kemudian meningkat lagi menjadi 91,18% pada siklus II, terdapat penurunan jumlah siswa yang tidak tuntas, dimana pada tes tertulis awal jumlah siswa yang tidak tuntas mencapai 100%, pada siklus I menjadi 29,41% kemudian pada siklus II menurun lagi menjadi 8,82% dengan kata lain hanya 3 siswa saja yang memperoleh nilai 60 dan selebihnya (31) siswa memperoleh nilai di atas 70.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. (2006). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Hamdani. (2011). Metode Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia
Sudjana, Nana. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. (Cet. XV).
Bandung: Remaja Rosda Karya .
Sugandi, A. (2004). Teori Pembelajaran. Semarang: UPT MKK Universitas Negeri Malang.