PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI SRSD (SEL-REGULATED STRATEGY DEVELOPMENT)

Main Article Content

Sofia Idawati Lubis, Yunita Mutiara Harahap

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa dengan SRSD (Self –Regulated Strategy Development), dan (2) untuk melihat bagaimana aktivitas siswa SMP selama pembelajaran dengan SRSD (Self –Regulated Strategy Development). Penelitian ini dikategorikan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP tahun 2019/2020 di Tanjung Morawa. Secara acak dipilih dua sekolah sebagai subjek penelitian ini yaitu SMP Dwi Tunggal Tanjung Morawa dan MTs Nurul Iman Tangjung Morawa. Ada 3 tahap dalam penelitian ini, yaitu: (1) Tahap pengembangan perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian, (2) Tahap uji coba perangkat pembelajaran dan instrument penelitian, dan (3) Tahap pelaksanaan eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes kemampuan membaca pemahaman siswa,dan lembar observasi aktivitas siswa.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan membaca pemahaman siswa meningkat dengan SRSD (Self –Regulated Strategy Development), dan (2) siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran bahasa Inggris.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Arikunto, S. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Depdiknas. (2013). Kurikulum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Ennis, R. P., Jolivette, K., & Boden, L. J. (2013). Education and Treatment of Children, 36 (3), 81-99.
Harris, K., & Graham, S. (1996). Making the writing process work: Strategies for composition and self-regulation (2nd ed.). Cambridge, MA: Brookline Books.
Graham, S., & Harris, K. R. (2003). Students with Learning Disabilities and the Process of Writing: A Meta-Analysis of SRSD Studies. IN H. L. Swanson, K. R. Harris, & S. Graham (Eds). Handbook of Learning Disabilities. New York: The Guilford Press.
Graham,S., & Perin,D. (2007). Writing Next: Effective strategies to improve writing of adolescents in middle and high schools. NewYork: Carnegie Corporation of NewYork.
Hoyt, L. R. (2010). The effects of self-regulated strategy development (SRSD) on reading comprehension for secondary students with emotional and behavioral disabilities (EBD). (Doctoral dissertation). University of Washington: Washington.
Mardani, N. M. dan Afghary, A. (2017). Self-Regulated Strategy Development (SRSD) and the Reading Process: Effects on Reading and Metacognitive Awareness. Journal of Applied Linguistics and Language Research. Vol.4. pp. 192-200
Robert Reid and Torri Ortiz Lienemann. (2006). Strategy Instruction for Students with Learning Disabilities, What Works for Special-Needs Learners. ed. Karen R. Haris and Steve Graham. New York: The Guilford Press.
Samanian, S. & Roohani, A. (2018). Effects of Self-Regulatory Strategy Development on EFL Learners’ Descriptive Writing and Reflective Thinking. Research in English Language Pedagogy, 6 (1), 95-116
Somadayo, S. (2011). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.