METODE PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Main Article Content

Eduwart Situmorang, Risnawaty

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan efektivitas penyajian pengembangan metode pembelajaran investigasi kelompok dalam pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya materi membaca pada siswa kelas V SDN 104372 Tahun Pelajaran 2019-2020 . Subjek penelitian terhadap pengembangan metode pembelajaran investigasi kelompok adalah validator. Selain itu, yang menjadi subjek penelitian iniĀ  adalah siswa kelas SDN 104372 Batang Terap. Objek penelitian terhadap penelitian ini adalah metode pembelajaran, yaitu metode investigasi kelompok yang diimplementasikan pada siswa kelas V SDN 104372 Tahun Pelajaran 2019-2020. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian pengembangan (Research & Development). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket, tes dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan metode pembelajaran investigasi kelompok efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas SDN 104372 Batang Terap Tahun Pembelajaran 2019-2020 , dimana nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebelum proses pengembangan yaitu sebesar 59,57 yang berada pada kategori cukup. Selanjutnya, setelah proses pengembangan metode pembelajaran investigasi kelompok dan implementasi metode pembelajaran investigasi kelompok menunjukkan bahwa hasil nilai rata-rata yang dimiliki siswa yaitu sebesar 80,71. Dengan demikian, rata-rata tingkat kemampuan membaca siswa kelas SDN 104372 Batang Terap Tahun Pembelajaran 2019-2020 setelah pengembangan metode pembelajaran investigasi kelompok berada pada kategori baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Ahmadi, Abu. (2005). Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta
Akhmadi, Abu & Supriyono, Widodo. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Aqib, Zainal. (2010). Panduan & Aplikasi Pendidikan Karakter Untuk SD/ MI, SMP/ MTs, SMA/ MA, SMK/ MAK. Bandung: Yrama Widya
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Baharudin, dkk. (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Media Group.
Daryanto. (2009). Panduan proses pembelajaran kreatif dan inovatif. Jakarta: AV Publisher
Depdikbud. (2010). Kamus Besar bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Djaali. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. (2008). Strategi Belajar mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Hakim, Arman. M, dkk. (2007). Pengantar pendidikan dalam penelitian. Surabaya: Viska Nasional.
Hamalik, Oemar. (2010). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Hartini, Sri. (2009). Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo.
Haryadi. (2006). Retorika Membaca. Semarang: Rumah Indonesia.
Hasibuan, JJ dan Moedjiono. (2004). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Indra, Harras, A. (2006). Membaca I. Jakarta : Universitas Terbuka
Jihad, Asep & Haris, Abdul. (2008). Evaluasi pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Nurgiyantoro, Burhan. (2010). Statistika Terapan: Untuk Penelitian dan Ilmu-ilmu Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Nurkoncoro, Abdul Rachman. (2009). Pskologi Belajar. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.
Purwanto. M. Ngalim. (2009). Psikologi Pendidikan. Bandung : Alfabeta
Rahim, Farida. (2008). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Ridwan. (2002). Skala Pengukuran Variabel-Variabel. Bandung: Alfabeta.
Santyasa, I. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Makalah disajikan dalam pelatihan tentang penelitian tindakan kelas bagi guru-guru SMP & SMA di Nusa Penida tanggal 29 Juni sampai 1 Juli 2007. Nusa Penida: FMIPA UPG
Sardiman, A.M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada
Setiawan. (2006). Model Pembelajaran dengan Pendekatan Investigasi. Yogyakarta: PPPG
Slameto dan Syaiful, Bahri. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif dan Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara
Slavin, Robert E. (2010). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yoyakarta: UNY Press.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif dan R & D. Bandung: ALFABETA.
Sukardjo. (2008). Kumpulan Materi Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sunaryo. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta
Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning: Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Syah, Muhibbin. (2010). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Rafindo Persada.
Tarigan, Henry Guntur. (2009). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik (konsep, Landasan Teoritis-Praktis dan implementasinya). Surabaya: Prestasi Pustaka
Walgito, Bimo. (2008). Psikologi Umum. Yogyakarta: Pineka Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada.
Yulia, Anna. (2005). Membaca itu Penting. http://tazzakka.com/. Diakses tanggal 01 Agustus 2017.
Winkel, W.S. (2003). Psikologi Ajaran. Yogyakarta: Media Abadi.
Wiryodijoyo, Suwaryo. (2005). Membaca: Strategi Pengantar dan Tekniknya. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tingkat Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.