MODEL PEMBELAJARAN IMLAK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENULISAN KALIMAT EFEKTIF

Main Article Content

Rozalia, Yulia Arfanti

Abstract

Tujuan penelitian adalah Untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Imlak di  kelas XI MAS Al Washliyah Perbaungan, untuk mengetahui apakah model pembelajaran Imlak dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas XI MAS Al Washliyah Perbaungan menulis kalimat efektif, adakah perbedaan kemampuan menulis kalimat efektiof siswa yang tanpa metode pembelajaran Imlak dengan siswa yang menggunakan metode pembelajaran imlak. Subjek penelitian adalah seluruh siswa MAS Al Washliyah Perbaungan Singki tahun pembelajaran 2019-2020 yang terdiri dari 139.Sedangkan Objek Penelitian siswa Kelas XI Jurusan IIS 1 MAS Al Washliyah Perbaungan dan jurusan XI MIA sebanyak 26 orang sehingga jumlah objek penelitian sebanyak 47 orang.Hipotesis penelitian adalah : Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data Hasil pretes  siswa kelas XI jurusan IIS-1 135,5 dengan ratra-rata 6,45 sedangkan kelas XI MIA sebesar 168 degan rata-rata 6,46, hanya berbeda 0,01.  Bila dilihat secara keseluruhan bahwa total jumlah nilai = 303,5 dengan rata-rata 6,457. Maka dapat dikatakan bahwa bila ditinjau dari jurusan bahwa kedua jurusan tersebut memiliki rata-rata hampir sama, dengan perkataan lain tidak memiliki perbedaan yang signifikan Setelah dilakukan pngembangan model pembelajaran imlak pada siswa kelas XI MIA kemudian dilakukan tes pada kedua kelas tersebut. Nilai postes siswa kelas XI IIS MAS Al Washliyah Perbaungan rata-rata 6.59 sedangkan kelas XI MIA rata-rata 7,11.  Dengan demikian dapat dikatakan bahwa ada kenaikan nilai pada siswa kelas XI MIA setelah dilakukan pengembangan model Imlak. d. Nilai t-tabel dengan α= 0,05; n – 2 = 35 diperoleh = 1,69, sedangkan t-hitung 8,66, maka thitung > ttabel (8,66  > 1,69). Berdasarkan perhitungan ternyata t hitung = 8,66 jatuh pada daerah penerimaan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan (dapat digeneralisasikan) kemampuan menulis kalimat efektif antara siswa yang tanpa pengembangan model imlak dengan siswa yang menggunakan pengembangan metode Imlak

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Abdul, Asfandi. (1981). Bahasa Indonesia Baku dan Fungsi Guru Dalam Pembinaan Bahasa Indonesia. Surabaya : Bina Ilmu.
Abdurrahman. (2010). Esensi Praktis Belajar & Pembelajaran. Bandung: Humaniora.
Alwasilah, A.Chaedar, (1990) Sosiologi. Bahasa. Bandung : Angkasa
Arikunto, Suharsimi, (2011), Manajemen Pengajaran, Rineka Cipta, Jakarta,
Ahmadi, Abu. (2013). Psikologi Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Arifin, E. Zaenal, (2011), Penulisan Karangan Ilmiah Dengan Bahasa Indonesia Yang Benar, Jakarta : Malton Putra.
Badudu, J.S. (2010). Inilah Bahasa Indonesia yang Benar. Jakarta : Gramedia.
Budianingsih, Asri, (2005), Belajar dan Pembelajaran, Cet. Pertama, Jakarta, Rineka Cipta
Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaipul Bahri. (2011). Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif/ Jakarta : Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. (201). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
-------------(2012), Strategi Belajar Mengajar, Bandung,, Mandar Madju,
Hamzah, P, (2010), Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar
Jhonson, (2011), Teori dan Strategi, Terj. Hasan.L, Al-Ma’arif, Bandung,
Keraf, Gorys, (2012). Tatabahasa Indonesia. Ende-Flores : Nusa Indah.
Marimba, Ahmad, (2011), Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Al Marif, Bandung,
Madkur, Ahmad, (2013), Metode Pendidikan Islam, Jakarta, Erlangga,
Muhammad, Athur, (2014), Prinsip Belajar dalam Agama Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Muhibbin Syah. (2014). Psikologi Pendidikan (Suatu Pendekatan Baru). Bandung : Remaja Rosda Karya
Mudjiono dkk. (2009). Prinsip Disain Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Nana, Syaodih. (2009). Perencana Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.
Parera, Jos Daniel. (2012). Belajar Mengemukakan Pendapat. Jakarta : Erlangga.
Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Razak, Abdul. (2011). Kalimar Efektif Struktur, Gaya, dan Variasi. Jakarta : Gramedia.
Rohani dan Ahmad, (2012), Pengelolaan Pengajaran, Jakarta, Rineka Cipta,
Sagala, Syaiful. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Salisbury, (2012), Empat Strategi Belajar, Ter. Rahman, Remaja Karya, Bandung,
Samsuri, (2015), Analisa Bahasa, Jakarta, Erlangga.
Sanafiah, Faisal, (1912). Metodologi Penelitian. Bandung : Angkasa
Sanjaya, Wina. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan . Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Sardiman. (2012). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Slameto, (2003), Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta, Rineka Cipta
Sugiyono, (2013), Metode Penelitian Administrasi, Alfabeta, Bandung.
Suprijono, Agus. (2010). Cooperative Learning (Teori & Aplikasinya). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suryabrata, Sumadi. (2010). Metodologi Penelitian. Jakarta : Rajawali.
Surachmad, Winarno, (2011), Dasar dan Teknik Mengajar dan Belajar, Tarsito, Bandung
-------------,(2010), Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar Metode dan Teknik, Bandung : Tarsito
-------,(2008), Pengantar Penelitian Pendidikan, Bandung : Tarsito
Tarigan, Henry Guntur. (2011). Pengajaran Sintaksis. Bandung : Angkasa.
Uchjana, Onong, (2011), Ilmu Komunikasi, Bandung, Remaja Rosda Karya
--------------(2013), Dinamika Komunikasi, Bandung, Remaja Rosda Karya
Winarno, (2013), Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, Isi, Strategi dan Penikaian, Jakarta, Bumi Aksara,
Yunus, M. (2010). Pokok-Pokok Pendidikan dan Pengajaran. Jakarta : Midakarya Agung.
-------------, (201), Pendidikan Islam, Bandung : Remaja Rosda Karya