PERBEDAAN HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA SISWA SMA

Isi Artikel Utama

Angel Yolanda, Rijal

Abstrak

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik aktif mengembangkan potensi dirinya. keberhasilan dalam proses belajar mengajar masih cukup rendah, khususnya pada mata pelajaran ekonomi yang masih berpusat pada guru, sehingga komunikasi yang terjadi di kelas sering kali hanya komunikasi satu arah, yang mengakibatkan siswa tidak aktif dan sulit memahami setiap pembelajaran yang diberikan. Menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dan model pembelajaran Jigsaw dalam proses belajar siswa, dimana kedua model pembelajaran tersebut menuntut siswa untuk berkerjasama, saling berfikir, dan terjadi interaksi antar siswa yang membuat siswa lebih aktif dan mudah memahami. Dengan begitu, penulis beranggapan bahwa model tersebut mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ekonomi menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan model pembelajaran Jigsaw pada siswa SMA. Dikarenakan adanya wabah Virus covid-19, maka penelitian ini menjadi penelitian studi pustaka, dimana penelitian ini mengambil data dari 6 buah skripsi terdahulu. Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar ekonomi yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) diperoleh nilai rata-rata sebesar 78,2 dan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw diperoleh nilai rata-rata sebesar 75,42. Perbedaan hasil belajar model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan model pembelajaran Jigsaw sebesar 1.03. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) lebih tinggi dari pada hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw.


 

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Rincian Artikel

Bagian
Articles