PERBEDAAN HASIL BELAJAR KORESPONDENSI MENERAPKAN MODEL KOOPERATIF LEARNING TEKNIK JIGSAW DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL
Isi Artikel Utama
Abstrak
Keberhasilan tercapainya tujuan Pendidikan tidak hanya di pengaruhi oleh keterampilan dasar guru dalam mengajar atau menggunakan teori-teori yang ada, namun kemampuan siswa/siswa juga dapat di pengaruhi oleh peraktek dan kelengkapan sarana Pendidikan seperti alat-alat perkantoran dalam mata pelajaran peraktek perkantoran, proses belajar antara guru dan siswa dapat membantu proses pembelajaran lebih mudah. Perbedaan hasil belajar korespondensi menerapkan model kooperatif learning teknik jigsaw dan peperbedaan hasil belajar korespondensi menerapkan model kooperatif learning teknik jigsaw dan pembelajaran konvensioanal pada smkbelajaran konvensioanal pada smkdirinya untuk memiliki kekuatan spirutal keagamaan, pengendalian diri, keperibadian, kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Kegiatan belajar mengajar banyak yang dilakukan dengan metode ceramah, dengan bimbingan yang tegas dan memberikan motivasi siswa supaya bisa menaati peraturan, berperestasi dan yang rapi. menggunakan media ajar yang di sesuaikan dengan karakter siswa pada mata pelajaran tertentu yang membutuhkan pepahaman yang lebih dan di SMK. Dari perhitungan dan analisis data menunjukkan bahwa besarnya nilai t (hitung) adalah 1,47. Sedangkan besarnya nilai t (table) untul n;180 dan a; 0,05 adalah 1,19 dengan demikian rumusan hipotesis yang telah ditentukan dalam penelitian ini dapat diterima kebenarannya. Yang berarti adanya Perbedaan hasil belajar korespondensi menerapkan model pembelajaran kooperativ learning Teknik jigsaw dan pembelajaran konvesional.t (hitung)>t(table) atau 1,47>1,19.