IMPLIKASI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR BAGI MAHASISWA YANG MEMILIKI MINAT BELAJAR TINGGI

Isi Artikel Utama

Zamalludin Sembiring, Dian Yudistira, Iskandar Zulkarnaen, Masdani

Abstrak

Tujuan kegiatan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar mahasiswa melalui penerapan metode pembelajaran dan minat belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian 2 x 2. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrument tes hasil belajar dan angket minat belajar. Data hasil belajar diperoleh dengan menyebarkan instrument tes setelah materi pembelajaran disampaikan. Sedangkan data minat belajar diperoleh dari penyebaran angket minat belajar kepada sampel penelitian. Hasil belajar mahasiswa yang memiliki  minat belajar tinggi yang belajar dengan metode pembelajaran demonstrasi adalah lima belas sedangkan hasil mahasiswa yang memiliki minat belajar tinggi yang belajar dengan metode pembelajaran diskusi adalah tiga belas. Berdasarkan data hasil penelitian dan hasil hitung anava dua jalur maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar mahasiswa dipengaruhi metode pembelajaran dan minat belajar. Minat belajar mahasiswa yang tinggi yang belajar dengan metode pembelajaran demonstrasi ternyata menunjukkan hasil belajar yang lebih baik dari hasil belajar mahasiswa yang memiliki minat belajar tinggi yang belajar dengan metode pembelajaran diskusi.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Rincian Artikel

Bagian
Articles