UPAYA MEWUJUDKAN PESERTA DIDIK BERAKHLAK MULIA MELALUI MODEL PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS AKULTURASI

Isi Artikel Utama

Hikmah Ritonga, Ningsih Maya Sari, Nurli Sagala, Pitria Nurul Saputri, Sindy Rahmadani Sitorus, Wariyati

Abstrak

Abstrak


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi upaya-upaya apa yang dapat dilakukan agar peserta didik menjadi individu yang berakhlak mulia melalui penerapan model pendidikan karakter berbasis akulturasi. Pendidikan karakter sangat penting dalam membentuk moral dan perilaku peserta didik pada saat ini karena kemajuan zaman dinamis dan cepat. Pendidikan karakter yang berbasis akulturasi adalah model yang efektif agar peserta didik tidak hanya bisa menguatkan moralitas akhlak mulia, tetapi juga untuk bisa memadukan nilai-nilai budaya lokal dengan nilai-nilai etika universal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus di beberapa sekolah yang telah menggunakan pendidikan karakter berbasis akulturasi. Metode pengumpulan data kualitatif adalah wawancara mendalam dengan sejumlah guru, siswa, dan orang tua, observasi, analisis dokumen yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pendidikan karakter berbasis akulturasi efektif dalam meningkatkan pemahaman peserta didik tentang pentingnya akhlak mulia, membangun kesadaran diri, dan menguatkan hubungan sosial sekolah dan komunitas. Penelitian ini juga mengkonfirmasi bahwa pendidikan karakter yang berbasis budaya tidak hanya meningkatkan karakter moral peserta didik, tetapi juga memberi kontribusi pada menguatnya hubungan sosial yang harmonis.


Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Akhlak Mulia, Akulturasi, Pembentukan Moral, Pendidikan Nilai, Studi Kasus.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Rincian Artikel

Bagian
Articles