PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE PEMEBLAJARAN AKTIF TIPE THE STUDY GROUP DENGAN METODE PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATA PELAJARAN EKONOMI
Isi Artikel Utama
Abstrak
Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti di Sekolah SMA Al-Washliyah 3 Medan diketahui bahwa metode yang dipakai di Sekolah masih menggunakan metode pembelajaran konvensional (ceramah). Dengan ini menyebabkan rendahnya hasil belajar yang dicapai oleh siswa terutama dimata pelajaran ekonomi. Maka perlu adanya inovasi baru yang diterapkan oleh guru di Sekolah SMA Al-Washliyah 3 Medan dan juga di Sekolah lainnya yaitu menggunakan metode pembelajaran Aktif Tipe The Study Group dengan metode pembelajaran Quantum Teaching, tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Perbedaan Antara Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Yang Diajarkan Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Aktif Tipe The Study Group Dengan Yang Diajarkan Menggunakan Metode Pembelajaran Quantum Teaching di Kelas XI SMA Al-Washliyah 3 Medan. Dalam penelitian ini memakai jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan jumlah populai 43 siswa kelas XI SMA Al-Washliyah 3 Medan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar ekonomi yang didapatkan siswa kelas XI IPS terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan.