MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DAN RESITASI
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah: Untuk mengetahui apakah melalui kolaborasi CTL ( Contextual Teaching And Learning) dan Resitasi dapat meningkatkan prestasi belajar PPKn pada siswa kelas X MAS Al-Washliyah Nagur Serdang Bedagai Tahun Pembelajaran 2017/ 2018. Adapun yang menjadi populasinya adalah siswa kelas X MAS Al-Washliyah Nagur Serdang Bedagai Tahun Pembelajaran 2019/ 2020, yang berjumlah 42 siswa.. Maka sampel untuk penelitian ini adalah Siswa kelas X MAS Al-Washliyah Nagur Serdang Bedagai Tahun Pemlajaran 2017/ 2018, yang berjumlah 42 siswa (Sampel total). Dari hasil penelitian, Penerapan Kolaborasi Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) dan Resitasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran PPKn di kelas X MAS Al-Washliyah Nagur Serdang Bedagai Tahun Pembelajaran 2019/2020. Hal ini terlihat dari hasil belajar siswa sebelum dilakukannya Metode Kolaborasi Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) dan Resitasi rata – rata hasil belajar siswa memperoleh 67,61 telah meningkat menjadi 76,42 pada tahap siklus I dan pada tahap siklus II siswa memperoleh rata – rata hasil belajar sebesar 82,61. Maka dapat diketahui bahwa rata – rata hasil belajar siswa dari tahap siklus I dan tahap siklus II telah mengalami peningkatan sebesar 6,19. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Penerapan Kolaborasi Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) dan Resitasi mempunyai pengaruh positif meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran PPKn Kelas X MAS Al-Washliyah Nagur Serdang Bedagai TP. 2017/ 2018”. Hipotesisnya adalah Metode Penerapan Kolaborasi Pembelajaran CTL ( Contextual Teaching And Learning) dan Resitasi dapat meningkatkan prestasi belajar PPKn pada siswa kelas X MAS Al-Washliyah Nagur Serdang Bedagai Tahun Pelajaran 2019/ 2020”. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MAS al-Washliyah Nagur Serdang Bedagai TP. 2019/ 2020 yang terdiri dari 1 kelas dengan jumlah 38 siswa. Maka sampel untuk penelitian ini adalah siswa – siswi kelas X SMA Al-Washliyah Nagur serdang Bedagai TP. 2019/ 2020 yang terdiri dari 1 kelas dengan jumlah 38 siswa (Sampel total).