PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran daring pada pandemi covid-19 sangat berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa, siswa merasa bosan dan jenuh karena guru terlalu banyak memberikan tugas dan kurang memahami materi yang diberikan guru. Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu pembelajaran daring (X) dan motivasi belajar siswa (Y). Pada penelitian ini yang dijadikan populasi adalah seluruh siswa di kelas X SMA Negeri 1 Delitua yang berjumlah 378 siswa dan sampel yang digunakan adalah sampel total yaitu seluruh siswa di kelas X yang berjumlah 34 siswa, istrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket tentang pembelajaran daring dan angket motivasi belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan menggunakan rumus koefsien korelasi product moment untuk mencari hubungan antara variabel (X) dan (Y).