PEMBELAJARAN KOOPERATIF GALLERY OF LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR ADMINSTRASI PERKANTORAN

Isi Artikel Utama

Sri Suci Murniati, Mhd. Zulkifli Hasibuan

Abstrak

Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian berjenis kuantitatif. Instrumen pengumpulan data adalah tes yang berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 butir. Adapun teknik sampling yang digunakan yaitu teknik total Sampling. Dimana seluruh jumlah populasi keseluruhan adalah 60 orang sedangkan yang ditetapkan sampel berjumlah 28 orang sebagai sampel penelitian. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif Gallery Of Learning 84,5. Sedangkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunkan rumus uji-t diperoleh thitung sebesar 1,26 sedangkan ttabel diperoleh untuk N=28 pada taraf signifikan  Sebesar 0,98 dengan membandingkan thitung dan ttabel  maka diperoleh thitung ttabel 1,260,98 yang berarti hpotesis penelitian diterima kebenarannya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan anatar model pmebelajaran kooperatif gallery of learning terhadap hasil belajar korespondensi pada siswa kelas X SMK Swasta Ar-Rahman Medan Tahun 2021-2022. Kesimpulan dari penelitian ini adalah  menggunakan model pembelajaran kooperatif Gallery Of Learning dapat meningkatkan hasil belajara siswa.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Rincian Artikel

Bagian
Articles