MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM MENERAPKAN METODE PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) MELALUI WORKSHOP
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi profesional guru dalam menerapkan Think Pair Share (TPS) melalui workshop di SMP Swasta Al-Hidayah, SMP ST. Ignatius, SMP HKBP Padang Bulan Medan pada tahun pelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan sekolah melalui 2 siklus, dimana masing-masing siklus memiliki tahap: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan dan Pengamatan, (3) Evaluasi dan (4) Refleksi.Subyek dalam penelitian ini adalah berjumlah 30 orang guru yang mengajar di SMP Swasta Al-Hidayah, SMP ST. Ignatius, SMP HKBP Padang Bulan Medan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik observasi, kesioner,wawancara dan studi dokumentasi.Teknik analisa data yang digunakan di dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pehitungn persen jumlah guru yang sudah mampu menerapkan TPS dan yang belum mampu menerapkan TPS. Hasil penelitian menunjukkan: (1). Terdapat peningkatan jumlah guru yang mampu menerapkan Think Pair Share (TPS) dari 30 orang guru,baru 20. (66,67%) guru yang mampu menerapkan TPS pada siklus I kemudian meningkat pada siklus II menjadi 26 (86,67%) guru yang sudah mampu menerapkan TPS ; (2) Terdapat penurunan jumlah guru yang tidak mampu menerapkan TPS , dari 30 orang guru, terdapat 10 (33,33%) guru belum mampu menerapkan TPS pada siklus I kemudian pada siklus II terjadi penurunan jumlah guru yang belum mampu menerapkan TPS menjadi 4 (13,33%) guru yang belum mampu menerapkan TPS secara baik; (3) Kompetensi profesional guru dalam menerapkan TPS dapat ditingkatkan melalui workshop.