HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE RESOURCE BASED LEARNING DAN MAKE A MATCH

Isi Artikel Utama

Nurwinda Sari

Abstrak

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk meneliti perbedaan atas dua metode pembelajaran resource based learning dan make a match pada mata pelajaran ekonomi kelas x sma prima yayasan reis cendekia t.a 2021/2022. Adapun teknik pengambilan sampel pada penelitian ini merupakan nonprobability sampling yaitu teknik sampling jenuh yang merupakan teknik penentu sampel apabila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Penelitian ini  dilakukan dengan tes tertulis terhadap siswa kelas X IPS dengan jumlah keseluruhan 33 siswa. Berdasarkan hasil penelitian analisis data hasil ujian rata-rata pada kelas yang menggunakan metode pembelajaran resource based learning yaitu mencapai 77 dengan simpangan baku 2,8826 sedangkan yang menggunakan metode pembelajaran make a match yaitu mencapai 80,90 dengan simpangan baku 5,222. Sedangkan uji hipotesis pada penelitian ini diperoleh hasil = -0,0154 dengan  = 1,669 atau -0,0154  1,669. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar dengan menggunakan metode pembelajaran resource based learning dan metode pembelajaran make a match.


 


Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Pembelajaran Resource Based Learning, Metode Pembelajaran Make A Match

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Rincian Artikel

Bagian
Articles