MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA MELALUI PENERAPAN METODE DISKUSI
Main Article Content
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui : Bagaimana cara menerapkan metode diskusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada UPT Satuan Pendidikan Formal SMP Negeri 2 Sunggal .khususnya di kelas IX-7 sehingga melalui pengembangan hasil belajar terhadap pelajaran, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode diskusi kelompok. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-7 di UPT Satuan Pendidikan Formal SMP Negeri 2 Sunggal tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 32 siswa terdiri dari 17 laki-laki dan 15 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tehnik persentasi daya serap individu dan ketuntasan klasikal yaitu: secara individu minimal 43,12 % dan secara klasikal 100 %. Serta dengan mengadakan observasi kepada guru tentang pelaksanaan pembelajaran melalui penggunaan metode diskusi serta observasi kepada siswa. Adapun hasil penelitian ini adalah (1) Penerapan Metode Diskusi Dalam Pelajaran IPS Terpadu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di Kelas IX-7 di UPT Satuan Pendidikan Formal SMP Negeri 2 Sunggal tahun pelajaran 2019/2020 hal ini dapat dilihat dari hasil observasi Inisiatif, keaktifan ,kerjasama dan persentasi hasil oleh siswa tersebut diperoleh hasil dari siklus I dan siklus II yaitu : 64 % dan 79 % (2) Penerapam metode diskusi di kelas IX-7 di UPT Satuan Pendidikan Formal SMP Negeri 2 Sunggal tahun pelajaran 2019/2020 dapat meningkatkan Inisiatif, keaktifan, kerjasama dan persentasi hasil siswa dalam pembelajaran Interaksi Antar Negara Asia dan Negara Lainnya. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi Inisiatif, keaktifan ,kerjasama dan persentasi hasil siswa tersebut diperoleh hasil dari siklus I dan siklus II yaitu : 64 % dan 79 %. Adapun peningkatan tersebut dibuktikan dengan hasil yang dicapai dari kegiatan mengerjakan (menjawab) latihan-latihan tersebut dengan baik, berdasarkan data pengamatan peneliti, hasil pengisian instrumen hasil belajar pada pokok bahasan Interaksi Antar Negara Asia dan Negara Lainnya. Diperoleh dari 32 siswa maka 07 siswa tuntas sedangkan 25 siswa tidak tuntas pada siklus I dan disiklus II dari 32 siswa semuanya tuntas.