METODE PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH (ICM) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Main Article Content

Muhammad Irfan Aziz Lubis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil  belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas XI IPA  SMA Swasta Al Washliyah 3 Medan, dan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa  setelah menerapkan metode pembelajaran Index Card Match (ICM)  di kelas Xi IPA SMA Swasta Al Washliyah 3 Medan Tahun Pembelajaran  2017-2018. Subjek dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri yang langsung melakukan proses  pembelajaran dengan metode pembelajaran Index Card Match (ICM) , dan objek penelitian ini adalah siswa  kelas XI IPA yang berjumlah 25 orang. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I nilai rata –rata hasil belajar siswa  adalah 63 ,00 dengan tingkat ketuntasan belajar secara klasikal  24%,  Dan pada siklus II  nilai rata-rata hasil belajar siswa  meningkat menjadi 81  serta ketuntasan belajar  88% yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Adapun yang menjadi hasil dari penelitian dengan hasil belajar siswa pada siklusII lebih meningkat dari siklus I. Hasil ini menunjukkan  bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa  dengan menggunakan metode pembelajaran Index Card Match (ICM).

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles