MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : “Untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Problem solving (Pemecahan masalah) kelas VIII SMP Swasta Al-Ulum Medan pada materi Sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara”. Subjek dari penelitian dalam PTK ini adalah siswa kelas VIII SMP Swasta Al-Ulum Medan yang berjumlah 40 orang siswa, sedangkan objek dalam PTKini adalah model pembelajaran Problem solving (Pemecahan masalah). Penelitian ini menggunakan dua siklus. Untuk memperoleh data yang diperlakukan dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda sebanyak 10 butir untuk tiap siklus.Prosedur penelitiannya terdiri dari tahap perencaan, membuat rencana pembelajaran, lembar observasi dan mendesain alat evaluasi. Tahap observasi menggunakan lembar observasi untuk mencatat temuan. Tahap observasi dan refleksimerupakan analisis, sintetis, interpretasi dan eksplementasi yang diperoleh dari data pelaksanaan tindakan. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa meningkat dari siklus I sampai siklus II, dengan rata-rata tes hasil belajar I sebesar 70 pada siklus I tergolong cukup dan rata-rata tes hasil belajar sebesar 77,12 pada siklus II tergolong baik, demikian juga dengan ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 72,5% tergolong belum tuntas dan pada siklus II sebesar 87,5% tergolong tuntas. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem solving(Pemecahan masalah) dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa pada materi Upaya Pemberantasan Korupsi di indonesia di kelasVIII SMP Swasta Al-Ulum Medan, dengan kata lain hipotesis yang diajaukan sebelumnya dapat diterima kebenarannya.