PENERAPAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM PEMBINAAN KARAKTER DAN PERILAKU SISWA PADA PROSES PEMBELAJARAN DARING
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujan untuk mengetahui karakter dan perilku siswa pada proses pembelajaran daring. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Lawe Alas T. A 2020/2021 yang terdiri dari 20 siswa dalam satu kelas. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh dari tes siklus I dan siklus II. Data kuantitatif dianalisis dari siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan karakter dan perilaku siswa dalamĀ proses pembelajaran daring berlangsung, penelitian ini terlihat dari rata-rata nilai siklus I 75,5 dan nilai siklus II 82. Penelitian ini menunjukan bahwa penerapan pendidikan kewarganegaraan dapat meningkatkan karakter dan perilaku siswa pada proses pembelajaran daring.