MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS MELALUI METODE BLENDED LEARNING
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1). Meningkatkan hasil belajar siswa, (2). Meningkatkan aktivitas belajar siswa. (3). Meningkatkan pemahaman siswa dan pembelajaran yang menggunakan metode Blended Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Metode Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa VIII-1 SMP Negeri 1 Labuhan Deli sebanyak 32 siswa. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah menggunakan test, angket dan observasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah dengan metode penilaian yaitu: data yang diperoleh dilakukan evaluasi berdasarkan hasil belajar Blended Learningsiswa. Evaluasi hasil belajar Blended Learningsiswa diberi rentang nilai dari 0 – 100. Kemudian data dihitung dari nilai rata-rata siswa, persentase jumlah siswa yang tuntas dan persentase jumlah siswa yang belum tuntas memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Hasil Penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode pembelajaran Blended Learning dengan hasil sebagai berikut: (1) terdapat peningkatan rata-rata hasil belajar siswa, dimana pada tes awal rata-rata hasil belajar siswa adalah 45,94, pada siklus I meningkatkan menjadi 63,75% kemudian pada siklus II meningkat lagi menjadi 67,5%, terdapat peningkatan jumlah siswa yang tuntas, dimana pada tes awal jumlah siswa yang tuntas hanya 0%, meningkat menjadi 53,13% pada siklus I kemudian meningkat lagi menjadi 81,25% pada siklus II, terdapat penurunan jumlah siswa yang tidak tuntas, dimana pada tes awal jumlah siswa yang tidak tuntas mencapai 100%, pada siklus I menjadi 46,87% kemudian pada siklus II menurun lagi menjadi 18,75% dengan kata lain hanya 6 siswa saja yang memperoleh nilai 60 dan selebihnya (26) siswa memperoleh nilai 70 dan di atas 70. Penerapan metode Pembelajaran Blended Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa.