PEMANFAATAN E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dari pemanfaatan E-Learning terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas XI SMA Swasta Istiqlal Delitua. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Istiqlal Delitua. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Swasta Istiqlal Delitua T.A 2021-2022 yang berjumlah 54 siswa kelas IPSyang terdiri dari 2 kelas dan 95 siswa IPA yang terdiri dari 3 kelas. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 SMA Swasta Istiqlal Delitua T.A 2021-2022. Sampel dari penelitian ini sebanyak satu kelas XI IPA 1 berjumlah 32 siswa, dan satu kelas XI IPA 2 yang berjumlah 32 siswa jadi jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 64 siswa dengan penerapan sistem pembelajaran E-Learning dengan media yang berbeda. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes hasil belajar yang berupa pilihan ganda dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa nilai rata-ratanya sebesar 79,0781 dengan simpangan baku sebesar 7,3318. Dan hasil dari perhitungan Uji Hipotesis maka diperoleh hasil yang signifikan, dengan R = 0,9484, maka diperoleh hasil t hitung = 10.07 dan t tabel = 1.68. di dapat dari daftar distribusi t, dengan t hitung > tabel, atau 10.07 > 1.68 maka Ho di tolak, sehingga Ha di terima kebenarannya atau signifikan, karena ada perbedaan hasil belajar Ekonomi yang di terapkan kepada siswa dengan sistem E-Learning di kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 SMA Swasta Istiqlal Delitua.